Besok Pemerintah akan Gelar Sidang Isbath untuk Tentukan Idhul Adha


image

Pks-cibitung.com [mb] Jakarta – Dalam rangka menetapkan hari raya Idul Adha, pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama akan melakukan sidang itsbat pada 24 September 2014. Mencontoh dari sidang itsbat Ramadhan dan Syawal, sidang itsbat untuk penetapan satu Zulhijah akan dilakukan secara tertutup, dan akan didahului oleh acara sarasehan yang melibatkan seluruh organisasi masyarakat Islam.

“Dalam sarasehan akan ada pemaparan dari pada pakar astronomi serta kajian dan pandangan dari berbagai ormas beda mazhab,” kata Sekretaris Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Muhammadiyah Amin kepada Republika.

Setelah sidang isbat, dilanjutkan dengan pengumuman kapan ditetapkannya satu Zulhijah untuk menghitung sepuluh hari kemudian, di mana 10 Zulhijah bertepatan dengan Idul Adha. Berarti, kemungkinan hari raya idul adha akan jatuh pada tanggal 4 atau 5 Oktober 2014.

Dijelaskan Amin, teknis penetapan satu Zulhijah tidak jauh berbeda dengan sidang isbat lainnya. Teknisnya, Kemenag akan berkerja sama dengan seluruh kantor wilayah Kementerian Agama (Kemenag) dalam pemantauan hilal.

Sumber akhina.com
Reposted by mbah SIPITUNG

http://www.pks-cibitung.com

Tinggalkan komentar