Inilah Strategi Khusus Prabowo-Hatta Berantas Korupsi


prabowo

 

Jakarta ( PKS-Cibitung.com /MB ) – Pemberantasan korupsi menjadi salah satu fokus program utama yang akan dijalankan oleh pemerintahan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa jika terpilih dan menang dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 mendatang.
Kepada awak media yang menemuinya usai acara tabligh akbar di Masjid Al-Azhar, Jakarta Selatan, Selasa 27 Mei 2014, calon wakil presiden Hatta Rajasa mengaku bahwa pasangan Prabowo-Hatta sudah punya strategi khusus yang nanti akan diterapkannya untuk memberantas korupsi secara menyeluruh dan hingga ke akarnya.
Salah satu upaya yang ditempuh, menurut Hatta adalah dengan melakukan pembentukan karakter bangsa Indonesia yang jujur dan jauh dari korupsi.
“Pemberantasan korupsi yang total harus dilakukan dalam jangka waktu yang panjang. Pemberantasan korupsi itu harus dimulai dari membentuk karakter bangsa Indonesia dengan membangun fondasi manusia-manusia yang berakhlak mulia,” ujarnya.
Hatta menyebut, pendidikan memegang peranan yang sangat penting dalam membentuk karakter masyarakat yang bebas dari korupsi. “Membentuk manusia yang berakhlak mulia, harus melalui proses pendidikan yang dilakukan sedini mungkin. Itu artinya secara jangka panjang membangun karakter jati diri bangsa,” kata Hatta.
Selain itu, Hatta juga menyebutkan perbaikan sistem di setiap institusi sebagai hal yang juga penting untuk dilakukan guna mencegah korupsi. Menurutnya, pemerintahannya akan membangun sistem yang transparan dan akuntabel untuk diterapkan di setiap institusi.
“Sistem yang dibangun itu bisa menunjukkan transparansi setiap aktivitas-aktivitas kita yang berkaitan dengan tanggung jawab kita kepada publik yang meningkatkan transparansi dan akuntabilitas lembaga itu. Selain itu, reformasi dan penyederhanaan lagi birokrasi, juga harus dilakukan,” ucapnya.
Terakhir, Hatta memberikan penekanan juga kepada penindakan terhadap kasus korupsi yang telah terjadi. “Penindakan terhadap kasus korupsi yang telah terjadi akan dilakukan secara tegas. Ini guna memberikan efek jera,” ujarnya.
Sumber vivanews
Reposted by MBah SIPITUNG

Tinggalkan komentar