Sepenggal Kisah Bersama Akhi Maman ~ kerap begitu sy memanggilnya.


Masa tahun 90an adalah saat pijakan kaki tak pernah berhenti, dimana ada kesempatan di situ kita berdakwah. Momen liburan sekolah daurah ke mana², momen Ramadhan ngisi ceramah teraweh di mana².

Waktu itu sy dapat jadwal imam dan ceramah teraweh di Musholla di bilangan Bearland Matraman. Disebutnya sih mushollah padahal cuma bangunan kosong yg difungsikan sebagai mushollah.

Sy yg saat itu masih tinggal di Pasar Rumput agak kewalahan juga utk sampai ke TKP ini. Jarak tdk terlalu jauh tapi saat itu transportasi harus sambung menyambung. Dari seberang pasar rumput naik PPD 700 turun di stasiun Manggarai lalu sambung naik Metromini S61 turun di Gang Kelor lalu nyambung lagi naik mikrolet M01 Kp. Melayu Senen turun persis di misholla tempat kediaman akh Mabruri.

Jadi sehabis ifthor, sholat magrib langsung meluncur ke Bearland. Pas tiba di Mushollah sdh azan isya. Jamaah sdh banyak berdatangan. Sy kebagian shaff paling belakang. Selesai sholat Isya panitia membacakan jadwal rutin kegiatan Teraweh. Ternyata yg menjadi penceramah Ustadz Rahman Amin. Dan beliau sudah lebih dulu tiba dari saya.🤗

Setelah pelaksanaan kegiatan Teraweh selesai malam itu, saat ramah tamah sy menuju ke shaf depan menemui sahibul bait dan Usradz Rahman Amin.

“Lho antum sholat di sini akhi?” Tanya akhi Maman ke sy

“Iya ternyata jadwal bentrok ya…seingat ana malam ini yg ngisi ana!” Jelas sy

“Ya Allah, bisa begitu ya, coba antum bawa catatan jadwalnya gak.?” Pinta akhi Maman

Sy keluarkan kertas coret²an yg lusuh yg disebut lertas jadwal itu. Ternyata sy tdk salah dan akhi Maman pun tidak salah.😁

Saat bubaran teraweh itu akhi Maman menawarkan tumpangan utk antar sy pulang…

“Ya ana antar antum pulang akhi.” Sy terkesima mendapat tawaran itu, seperti tidak percaya.

‘Alaa kulli haal…Alhamdulillah akhirnya kami berdua bisa menikmati malam dgn bervespa menyusuri kali Ciliwung untuk sampai ke rumah saya.

Saat turun dari vespa beliau bilang, ” Akhi tadi ada amplop dari panitia, ini ambil buat antum.”

Subhanallah….mulia betul hatimu kawan. Sy menjadi saksi antum min ahlil khair…in syaa Allah🤲

Selamat jalan ya Ukhoyya

Allohummagfir li akhi Rahman Amin warfa’ darojatahu fil mahdiyyiin wafsih lahu fii qobrihi wa nawwir lahu fiihi wakhlufhu fii ‘aqibihi….

alfatiha….

Aidil Heryana

Tinggalkan komentar