Jika Anda ke Danau Toba, Wajib Cicipi Makanan ini


image

Pks-cibitung.com [mb]  – Susu biasanya dikonsumsi dalam bentuk cair atau menjadi bahan olahan makanan lain. Tetapi ada penganan unik dari daerah Sumatera Utara, khususnya di sekitaran Danau Toba seperti di Kecamatan Porsea, anda dapat menemukan susu kerbau dijual dalam bentuk penganan setelah dibekukan dengan cara dimasak secara tradisional dan tanpa bahan kimia.

Seperti dilansir laman travelasia.com, di daerah Porsea sering disebut sebagai dali ni horbo atau bagot ni horbo (bagot = susu, horbo= kerbau). Susu kerbau sendiri bisa dikonsumsi dengan hanya direbus, atau dimasak dengan diarsik yaitu memasak dengan bumbu seperti bawang Rambu (bawang Batak), cabai, daun ubi/singkong, garam dan sedikit Andaliman (merica Batak) dimasak sampai air mengering.

Susu kerbau diambil dari induk kerbau betina yang memiliki bayi kerbau berumur 1 bulan. Seekor kerbau dapat menghasilkan rata-rata 2-4 liter susu setiap harinya sampai 8 bulan pemerahan. Untuk menstrerilkan susu biasa direbus kurang lebih 10 menit kemudian menambahkan air nenas untuk membantu pengentalan/pembekuan susu serta menghilangkan aroma amis susu, sering juga ditambahkan air perasaan daun papaya untuk menambahkan rasa pada susu kerbau.

Untuk mencicipinya anda cukup mengeluarkan uang Rp. 10.000 sampai Rp. 20.000,- cukup murah untuk makanan bergizi nikmat serta kaya nutrisi. [Mbah/pasberita]

Tinggalkan komentar