Orang Terkaya No.1 Di Dunia itu Ternyata Seorang MUSLIM! (Inilah Orangnya)


Muslimpkscibitung [dpa] – Dalam posting kali ini, kami merangkum beberapa pengusaha yang nilai kekayaannya masuk pada daftar paling banyak. Yang menarik, diakhir tulisan yaitu pada no.1 orang paling kaya itu ternyata seorang muslim, boleh jadi anda akan terkejut sekaligus tersenyum sembari membenarkannya walaupin pada awalnya sedikit meragukan. Siapakah muslim paling kaya itu? marilah kita simak penjelasannya.

Orang Terkaya No 8.

Mukesh Ambani—kekayaa­nnya 27,0 milyar dolar Amerika.

(lahir di Yaman, 19 April 1957; umur 55 tahun) adalah seorang pengusaha dan milyader asal India. Ia menjabat sebagai pemimpin, direktur pengelola, dan pemilik saham terbesar (sebanyak 48%) di Reliance Industries, perusahaan swasta terbesar di India yang termasuk dalam perusahaan Fortune 500.

Mukesh dan adiknya Anil adalah anak dari pendiri perusahaan Reliance Industries, Dhirubhai Ambani

Refer link | http://id.wikipedia.org/wiki/Mukesh_Ambani

Orang Terkaya No 7.

Liliane Bettencourt—Kekayaannya $30.0 miliar

(lahir 21 Oktober 1922) adalah orang terkaya di Perancis dan salah satu orang terkaya dunia menurut Forbes.

Bettencourt merupakan anak satu-satunya dari Eugène Schueller, pendiri L’Oréal, perusahaan pemimpin dalam kosmetik dan kecantikan. Pada 1927, ibuya meninggal ketika dia berumur 5 tahun. Pada 1950 dia menikah dengan politisi Prancis André Bettencourt. Sekarang dia tinggal di Neuilly-sur-Seine, Prancis.

Pada 1957 Bettencourt diwarisi kekayaan L’Oréal dari ayahnya. Dia merupakan pemegang saham utama L’Oréal. 27,5% dari kepemilikan L’Oréal dipegang oleh Liliane, 26,4% oleh Nestlé, dan 46,1% selebihnya dijual ke publik.

Refer link | http://id.wikipedia.org/wiki/Liliane_Bettencourt

Orang Terkaya No 6.

Amancio Ortega Gaona—kekayaa­nnya 31,0 milyar dolar Amerika.

(pengucapan bahasa Spanyol: [aˈmanθio oɾˈteɣa gaˈona]) (lahir 28 Maret 1936) adalah seorang eksekutif mode asal Spanyol dan ketua sekaligus pendiri grup mode Inditex, yang terkenal karena mewadahi pertokoan ritel pakaian dan aksesoris Zara. Saat ini ia tinggal bersama istri keduanya di sebuah apartemen tertutup di pusat kotaA Coruña, Galicia, Spanyol.

Refer link | http://id.wikipedia.org/wiki/Amancio_Ortega

Orang Terkaya No 5.

Lawrence Joseph Ellison—kekaya­annya 39,5 milyar dolar Amerika.

(lahir di Manhattan, New York, Amerika Serikat, 17 Agustus 1944; umur 68 tahun) adalah salah satu pendiri dan CEO dari perusahaan perangkat lunak database Oracle Corporation. Ellison memiliki bakat dalam matematika, dan pada masa mudanya bekerja untuk Perusahaan Ampex. Salah satu proyeknya adalah gudang data untuk CIA yang ia beri nama “Oracle”.

Refer link | http://id.wikipedia.org/wiki/Larry_Ellison

Orang Terkaya No 4.

Warren Edward Buffett—kekaya­annya 50,0 milyar dolar Amerika.

(lahir di Omaha, Nebraska, Amerika Serikat, 30 Agustus 1930; umur 82 tahun) adalah seorang investor dan pengusaha Amerika Serikat. Ia memiliki julukan Oracle of Omaha; Buffett telah mengumpulkan kekayaan yang sangat besar dari kecerdikannya berinvestasi melalui perusahaannya Berkshire Hathaway, di mana dia memegang 38% saham. Dengan perkiraan pendapatan bersih AS$44 miliar pada 2005, dia menduduki urutan kedua sebagai orang terkaya kedua dunia menurut Forbes, di belakang Bill Gates. Pada tahun 2010 sang bijak dari Omaha ini berhasil mendepak Bill Gates dari peringkat pertama orang terkaya di dunia, yang sekarang di dudukinya. Menurut majalah Forbes kekayaannya meningkat US$ 10 milyar pada saat yang sama menjadi US$ 62 Miliar, sungguh fantastis ini mengalahkan Bill Gates yang pencapaianya di bawah buffet yaitu hanya meningkat US$ 2 Milyar/tahun pada saat yang sama menjadi US$ 58 Milyar.

Refer link | http://id.wikipedia.org/wiki/Warren_Buffett

Orang Terkaya No 3.

William HenryBillGates III—kekayaan­nya 56,0 milyar dolar Amerika.

(lahir di Seattle, Washington, 28 Oktober 1955; umur 57 tahun) adalah seorang tokoh bisnis, investor, filantropis, penulis asal Amerika Serikat, serta mantan CEO yang saat ini menjabat sebagai ketua Microsoft, perusahaan perangkat lunak yang ia dirikan bersama Paul Allen. Ia menduduki peringkat tetap di antara orang-orang terkaya di dunia dan menempati peringkat pertama sejak 1995 hingga 2009, tidak termasuk 2008 ketika ia turun ke peringkat tiga. Selama kariernya di Microsoft, Gates pernah menjabat sebagai CEO dan kepala arsitek perangkat lunak, dan masih menjadi pemegang saham perorangan terbesar dengan lebih dari 8 persen saham umum perusahaan. Ia juga telah menulis beberapa buku.

Refer link | http://id.wikipedia.org/wiki/Bill_Gates

Orang Terkaya No 2.

Carlos Slim Helú—kekayaann­ya 74,0 milyar dolar Amerika.

(lahir 28 Januari 1940; umur 73 tahun) adalah seorang pengusaha dan filantropis. Ia adalah pemimpin utama dan CEO perusahaan telekomunikasi Teléfonos de México dan América Móvil. Pada tahun 2011, Slim dinobatkan oleh Forbes menjadi orang terkaya di dunia untuk kedua kali secara berturut-turut dengan kekayaan bersih berkisar US$74 miliar.

Refer link | http://id.wikipedia.org/wiki/Carlos_Slim

Orang Terkaya No 1.

Seorang MUSLIM yang melaksanakan shalat sunnah Fajar—kekayaan­nya … ?? Tidak terhitung . Lebih baik daripada dunia dan seisinya.

Dari ‘Aisyah radhiyallahu anha dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda:

(( رَكْعَتَا الْفَجْرِ خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا ))
“Dua rakaat (sebelum shalat) fajar (subuh) lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (HR. Muslim no. 725)

Subhanallah….!!!

Maukah anda menjadi orang terkaya di dunia?

29 pemikiran pada “Orang Terkaya No.1 Di Dunia itu Ternyata Seorang MUSLIM! (Inilah Orangnya)

  1. Hi nama saya : Ailsa ayu fitria andriana saya butuh uang untuk membanggakan orang tua saya
    Tolong bantu saya kalo pengguna ini mau membantu

  2. 568 0449467 BCA atas nama wawan.mohon bantuan para milyader yang baik hati,dan bijaksana,saya mohon bantuan nya…adakah yang perduli.

  3. Ping balik: Orang Terkaya No.1 Di Dunia itu Ternyata Seorang MUSLIM! (Inilah Orangnya) – PONPES JABAL TORIQ

  4. Siapa yang membantu saya, saya pun akan membantu yang lainnya jika dalam tempo ini, dengan bantuan anda sebesar Rp.100.000.000,- maka saya bersedia Rp.250.000,- per bulan akan saya santunkan kepada siapapun yang membutuhkan, sampai dengan berakhirnya masa kerja saya.Dan mohon maaf saya hanya mau menerima bantuan dari kaum Muslim, Jangan bicara sebagai muslim jika hanya berpejam mata

  5. menurut pandangan manusia orng yg paling kaya itu adalh orng yg pling bnyk hartanya nmun pada allah menyuruh siapa yg ingin menjadi orng kaya maka kerjakanlah salat dua rakaat sebelum salat shubuh

  6. ORANG KAYA MEMBORONG PAHALA
    عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ – أَنَّ فُقَرَاءَ الْمُهَاجِرِينَ أَتَوْا رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالُوا “ :ذَهَبَ أَهْلُ الدُّثُورِ بِالدَّرَجَاتِ الْعُلَى وَالنَّعِيمِ الْمُقِيمِ”. فَقَالَ :”وَمَا ذَاكَ ؟”. قَالُوا :”يُصَلُّونَ كَمَا نُصَلِّى وَيَصُومُونَ كَمَا نَصُومُ وَيَتَصَدَّقُونَ وَلاَ نَتَصَدَّقُ وَيُعْتِقُونَ وَلاَ نُعْتِقُ.” فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : “أَفَلاَ أُعَلِّمُكُمْ شَيْئًا تُدْرِكُونَ بِهِ مَنْ سَبَقَكُمْ وَتَسْبِقُونَ بِهِ مَنْ بَعْدَكُمْ وَلاَ يَكُونُ أَحَدٌ أَفْضَلَ مِنْكُمْ إِلاَّ مَنْ صَنَعَ مِثْلَ مَا صَنَعْتُمْ ؟”. قَالُوا :”بَلَى يَا رَسُولَ اللَّهِ “. قَالَ :” تُسَبِّحُونَ وَتُكَبِّرُونَ وَتَحْمَدُونَ دُبُرَ كُلِّ صَلاَةٍ ثَلاَثًا وَثَلاَثِينَ مَرَّةً “. قَالَ أَبُو صَالِحٍ :” فَرَجَعَ فُقَرَاءُ الْمُهَاجِرِينَ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالُوا :”سَمِعَ إِخْوَانُنَا أَهْلُ الأَمْوَالِ بِمَا فَعَلْنَا فَفَعَلُوا مِثْلَهُ “. فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ :” ذَلِكَ فَضْلُ اللَّهِ يُؤْتِيهِ مَنْ يَشَاءُ “.

    Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, bahwa orang-orang fakir Muhajirin mendatangi Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam lalu berkata, “Orang-orang kaya telah memborong derajat-derajat yang tinggi dan kenikmatan yang kekal!”. Maka beliau bertanya, “Apa itu?”. Mereka berkata, “Orang-orang kaya itu melakukan sholat sebagaimana kami melakukan sholat. Mereka melakukan puasa sebagaimana kami melakukan puasa. Mereka bershodaqah, tetapi kami tidak bershodaqah. Mereka memerdekakan budak, tetapi kami tidak memerdekakan budak”. Maka Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidakkah aku ajarkan sesuatu kepada kamu, dengannya kamu akan menyusul orang-orang yang telah mendahului kamu, dan dengannya kamu akan mendahului orang-orang setelah kamu, dan tidak ada seorangpun yang lebih baik dari kamu kecuali orang-orang yang melakukan seperti apa yang kamu lakukan?”. Mereka menjawab, “Ya, wahai Rasûlullâh”. Beliau bersabda, “Kamu bertasbih, bertakbir, dan bertahmid tiga puluh tiga kali setelah setiap shalat”.

    Abu Shalih (seorang perawi hadits)berkata, “Kemudian orang-orang fakir Muhajirin kembali mendatangi Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam lalu berkata, “Saudara-saudara kami, orang-orang kaya, telah mendengar apa yang telah kami lakukan, lalu mereka melakukan seperti itu!”. Maka Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Itu adalah karunia Allâh yang Dia berikan kepada orang yang Dia kehendaki”. [HR. Muslim, no. 595]

  7. ORANG KAYA HARTA/HARTAWAN YANG BERSYUKUR, KEDUDUKANNYA PALING TINGGI DI SISI ALLAH AZZA WA JALLA
    عَنْ أَبِي كَبْشَةَ الْأَنَّمَارِيُّ أَنَّهُ سَمِعَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: ثَلَاثَةٌ أُقْسِمُ عَلَيْهِنَّ وَأُحَدِّثُكُمْ حَدِيثًا فَاحْفَظُوهُ: قَالَ مَا نَقَصَ مَالُ عَبْدٍ مِنْ صَدَقَةٍ, وَلَا ظُلِمَ عَبْدٌ مَظْلَمَةً فَصَبَرَ عَلَيْهَا إِلَّا زَادَهُ اللَّهُ عِزًّا, وَلَا فَتَحَ عَبْدٌ بَابَ مَسْأَلَةٍ إِلَّا فَتَحَ اللَّهُ عَلَيْهِ بَابَ فَقْرٍ أَوْ كَلِمَةً نَحْوَهَا وَأُحَدِّثُكُمْ حَدِيثًا فَاحْفَظُوهُ: قَالَ إِنَّمَا الدُّنْيَا لِأَرْبَعَةِ نَفَرٍ:

    1. عَبْدٍ رَزَقَهُ اللَّهُ مَالًا وَعِلْمًا فَهُوَ يَتَّقِي فِيهِ رَبَّهُ وَيَصِلُ فِيهِ رَحِمَهُ وَيَعْلَمُ لِلَّهِ فِيهِ حَقًّا فَهَذَا بِأَفْضَلِ الْمَنَازِلِ
    2. وَعَبْدٍ رَزَقَهُ اللَّهُ عِلْمًا وَلَمْ يَرْزُقْهُ مَالًا فَهُوَ صَادِقُ النِّيَّةِ يَقُولُ لَوْ أَنَّ لِي مَالًا لَعَمِلْتُ بِعَمَلِ فُلَانٍ فَهُوَ بِنِيَّتِهِ فَأَجْرُهُمَا سَوَاءٌ
    3. وَعَبْدٍ رَزَقَهُ اللَّهُ مَالًا وَلَمْ يَرْزُقْهُ عِلْمًا فَهُوَ يَخْبِطُ فِي مَالِهِ بِغَيْرِ عِلْمٍ لَا يَتَّقِي فِيهِ رَبَّهُ وَلَا يَصِلُ فِيهِ رَحِمَهُ وَلَا يَعْلَمُ لِلَّهِ فِيهِ حَقًّا فَهَذَا بِأَخْبَثِ الْمَنَازِلِ
    4. وَعَبْدٍ لَمْ يَرْزُقْهُ اللَّهُ مَالًا وَلَا عِلْمًا فَهُوَ يَقُولُ لَوْ أَنَّ لِي مَالًا لَعَمِلْتُ فِيهِ بِعَمَلِ فُلَانٍ فَهُوَ بِنِيَّتِهِ فَوِزْرُهُمَا سَوَاءٌ

    Dari Abu Kabsyah al-Anmâri Radhiyallahu anhu, bahwa dia mendengar Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Tiga (perkara) aku bersumpah terhadap ketiganya, dan aku akan mengatakan satu perkataan kepada kamu, maka hafalkanlah! Beliau bersabda: Harta seorang hamba tidak akan berkurang karena shodaqah. Tidaklah seorang hamba dizhalimi dengan kezhaliman, lalu dia bersabar terhadap kezhaliman itu kecuali Allâh menambahkan kemuliaan kepadanya. Tidaklah seorang hamba membuka pintu permintaan, kecuali Allâh membukakan pintu kefakiran, atau kalimat seperti itu.

    Dan aku akan mengatakan satu perkataan kepada kamu, maka hafalkanlah! Beliau bersabda: Sesungguhnya dunia itu untuk 4 orang:

    1. Hamba yang Allâh berikan rezeki kepadanya berupa harta (dari jalan yang halal) dan ilmu (agama Islam), kemudian dia bertaqwa kepada Rabbnya pada rezeki itu (harta dan ilmu), dia berbuat baik kepada kerabatnya dengan rezeki, dan dia mengetahui hak bagi Allâh padanya. Maka hamba ini berada pada kedudukan yang paling utama (di sisi Allâh).

    2. Hamba yang Allâh berikan rezeki kepadanya berupa ilmu, namun Dia (Allâh) tidak memberikan rezeki berupa harta, dia memiliki niat yang baik. Dia mengatakan: “Seandainya aku memiliki harta aku akan berbuat seperti perbuatan Si Fulan (orang pertama yang melakukan kebaikan itu)”. Maka dia (dibalas) dengan niatnya (yang baik), pahala keduanya (orang pertama dan kedua) sama.

    3. Hamba yang Allâh berikan rezeki kepadanya berupa harta, namun Dia (Allâh) tidak memberikan rezeki kepadanya berupa ilmu, kemudian dia berbuat sembarangan dengan hartanya dengan tanpa ilmu. Dia tidak bertaqwa kepada Rabbnya padanya, dia tidak berbuat baik kepada kerabatnya dengan hartanya, dan dia tidak mengetahui hak bagi Allâh padanya. Maka hamba ini berada pada kedudukan yang paling buruk (di sisi Allâh).

    4. Hamba yang Allâh tidak memberikan rizqi kepadanya berupa harta dan ilmu, kemudian dia mengatakan: “Seandainya aku memiliki harta aku akan berbuat seperti perbuatan Si Fulan (dengan orang ketiga yang melakukan keburukan itu)”. Maka dia (dibalas) dengan niatnya, dosa keduanya sama.[5]

  8. Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah berkata, “Manusia berbeda pendapat, mana yang lebih utama: orang fakir (miskin) yang sabar atau orang kaya yang bersyukur? Pendapat yang benar adalah: orang yang lebih utama dari keduanya adalah yang paling bertakwa. Jika ketakwaan keduanya sama, derajat keduanya sama, sebagaimana hal ini telah kami jelaskan di tempat yang lain. Sesungguhnya orang-orang fakir (miskin) akan mendahului orang-orang kaya menuju surga. Karena tidak ada hisab (penghitungan harta) terhadap orang-orang fakir, sedangkan orang-orang kaya akan ada hisab (penghitungan harta). Maka orang kaya yang kebaikannya lebih banyak dari kebaikan orang miskin, derajatnya di surga lebih tinggi, walaupun lebih lambat masuk surga dari orang miskin. Sedangkan orang kaya yang kebaikannya di bawah kebaikan orang miskin, derajatnya di surga lebih rendah dari orang miskin”.

  9. Waduh.. coba deh cek link wikipedia nya Mukesh Ambani itu agamanya Hindu, bukan Muslim.. klo lihat gaya hidupnya Mukesh Ambani tipikal milyarder yg senang pamer ditengah kemelaratan, coba cek rumahnya (the atilla) yg 27 lantai di pemukiman kumuh Mumbai, India. Sangat berlebihan bukan?
    Muslim terkaya di dunia masih tetap Raja Arab Saudi, mohon kalau bikin artikel datanya yg valid ya.. 🙂

  10. Inspiratif…..
    Tp koq malah ada responden jd bermental pengemis !!!!!!

    Artikel ini bermakna klo duniawi ini tidak lebih baik jika dibandingkan dgn ibadahmu thd Sang Khalik.

    Ini malah jd peminta2 elu pada……

  11. Bismillahirrohmanirrohim
    Saya seorang ibu rmh tangga single perren yg sdg dlm musibah”terlilit hutang” sy sdh berupaya semampu sy tp blm ada izin alloh@sy sdh merasa tdk lg berdaya hanya pasrah menunggu keajaiban alloh@niat jual rmhpun blm ada yg minat.
    Kronologisnya sy senang dg usaha kcl”n dg cr mobile dilingkungan kntr, sktr >1th yll tertarik ajakan tmn utk join di usaha ayam ternak tp sampe saat ini sy tdk mendptkan sepeserpun yg ada modal usaha dpt pinjeman bank itu kini hrs jd tggjwb sy krn sy yg meminjam blm lg pinjaman ats modal pribadi sblmnya , sy akui ini smua kecebohan sy tp walau bagaimanapun sy hrs bs mempertanggjwbkan ulah sy itu.
    Dengan ini sy memohon ada keajaiban alloh melalui ini untuk dpt memberi dana hibah atau pinjaman lunak atau apapun yg bs meringankan beban sy saat ini .
    Mgkin itu yg bs sy sampaikan …
    Semoga ada Ridho n Rizki Alloh …Amiin amiin amiin Ya Robalalamin

  12. Bismillahirrohmanirrohim.
    Assalamu’alaikum wa Rohmatullohi wa Barokatuh.
    Kepada Yth. :
    Bapak, Ibu dan Para Dermawan
    Dalam salah satu Hadits Nabi Muhammad Shollohu’alaihi wa Sallam bersabda : ” Barang siapa yang melepaskan dari seorang muslim kesusahan dari salah satu kesusahan-kesusahan di Dunia, maka Alloh akan melepaskan kepadanya kesusahan dari kesusahan-kesusahan di hari Qiyamat, dan barang siapa yang memberi kemudahan dari kesulitan seorang muslim, maka Alloh akan memberikan kemudahan dari kesulitan kesulitan di Dunia dan Akhirat, dan barang siapa yang menutupi ‘aib seorang muslim, maka Alloh akan menutupi kepadanya ‘aib di Dunia dan Akhirat, Dan akan memberikan pertolongan kepada hambanya selama dia memberikan pertolongannya kepada saudaranya.”H.R.Muslim
    Dengan segala Hormat kepada Bapak, Ibu dan Para Dermawan, dengan ini sampaikan sekiranya bapak, ibu dapat memberikan pertolongan dan bantuan kepada saya modal usaha, yang mana pada sa’at ini saya sedang mengalami kesulitan mendapatkan musibah dalam usaha yang sedang saya rintis, sehingga dengan musibah itu saya mempunyai hutang sebesar Rp. 25.000.000.
    Oleh karena itu saya mengajukan bantuan dana untuk membayar hutang dan untuk modal usaha yang sedang saya rintis sudah 3 tahun, total yang saya butuhkan Rp. 50.000.000
    Uluran tangan dari bapak dan ibu sangat saya harapkan untuk kelangsungan usaha dan kehidupan saya dan keluarga.
    Atas perhatian dan bantuannya saya ucapkan banyak terima kasih. Jazaakumullohu Khoiron Katsiro wa Khoiron Jazaa.

    Rek BRI 416801006236538 atas Nama Muchlis
    No Kontak 085311690221

    Garut, 01 Oktober 2014
    Hormat saya

    Muchlis

  13. subhannallah artikel yang sangat bermanfaat buat saya gan..
    betul sekalli dengan pendapatnya, tidak akan melebihi kekayaan amal dan shalat sunnah fajar..
    itu untuk bekal nanti kita di akhirat, sedangkan harta di dunia itu tidak kan bisa di bawa mati..betul ga gan?

    makasih buat artikelnya ya gan 😉

  14. ‘PELUANG USAHA MODAL SANGAT KECIL’
    Bagi agan-agan yang ingin membuka usaha
    Tapi bingung ingin membuka usaha apa dan hanya mempunyai modal kecil??
    Tak usah bingung,silahkan buka usaha pembayaran online
    “ppob /online nasional”
    Satu deposit bisa melakukan transaksi berikut:
    Seperti Pembayaran listrik,tiket pesawat, tiket KAI ,pln,pdam, telepon, speedy, kartu kredit, tv kabel, pulsa, kredit multifinance,voucher game, dll secara mudah, murah, namun tetap dengan dukungan teknologi yang handal dan sistem bisnis yang fleksibel dan menguntungkan.
    Hanya bermodal ‘Rp.100.000,’
    info lengkap Kunjungi : http://www.fastpay-nasional.com
    Hp:081335640101

    • قال رسول الله صلى الله عليه وسلم من اصبح والدنيا اكبر همه ازم الله قلبه اربع خصال لا ينفك من واحدة حتي ياءتيه الموت..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s