Irwan Prayitno : Biro Umum Pelayan Terdepan Dalam Pemerintah Daerah


image

Bintek Pemprov Sumbar

PKS-Cibitung.Com [TM]
Sekecil apapun pelayanan yang dilakukan oleh staf Biro Umum amat sangat berarti dan menentukan sistem pelayanan pemerintahan itu sendiri, terutama pelayanan yang berkaitan dengan pelayanan pimpinan. Andaikan staf penerima surat masuk di Biro Umum dapat menjalankan fungsi melakukan selektif serta dibekali dengan pengetahuan tentunya kasus 1,9 Miliar itu tidak akan terjadi, karena sudah tidak ada lagi bantuan bagi parpol.

Hal ini ditegaskan oleh Gubernur Irwan Prayitno dalam pencerahan yang disampaikan dalam acara Bintek Peningkatan Etos Kerja Dilingkungan Biro Umum Setdaprov. Sumbar dengan tema : Internalisasi Etos Kerja Pelayan Publik Bagi Aparatur Pemerintah Daerah dalam menyonsong Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015 di Padang Sabtu sore (18/10) seperti diberitakan Padangtoday.

Hadir dalam kesempatan itu, Kepala Biro Umum Asben Hendry,SE,MM, Para Narasumber, Kepala bagian dilingkungan Biro Umum serta lebih kurang 100 orang peserta.

Irwan Prayitno juga menambahkan, walaupun hanya menyediakan makan dan minum pelayanan terhadap tamu pimpinan, tentu ini juga membutuhkan kesungguhan dan keseriusan karena juga, jika lakukan secara sembarangan akan membuat orang “Ta Jilapak, Tergelincir ” karena air yang tumpah dilantai menjadi lincin. Apalagi itu mengenai tamu pemerintah daerah, maka ini tentu akan berdampak tidak baik bagi kewibawaan pimpinan.

Kita menyadari pelayanan Biro Umum merupakan spesifik pelayanan pada orientasi keikhlasan, tulus serta respon pada pimpinan, apalagi pelayanan tersebut tidak mengenal waktu. Melihat itu tentunya diharapkan Biro Umum mampu melakukan kontinuitas jadi jangan diandalkan pada seseorang semata, perlu ada back up. Dimana acara dan kegiatan pimpinan tidak mengenal waktu libur dan waktu kerja seorang pegawai, harapnya.

Irwan juga menyampaikan, apresiasi terhadap kegiatan bintek yang dilakukan oleh Biro Umum ini sebagai bahagian dari upaya peningkatan motivasi pelayanan yang dilakukan oleh Biro Umum itu sendiri. Walaupun pemerintahan Irwan -MK telah berjalan empat tahunan, namun tidak ada kata terlambat dalam sebuah proses pembinaan peningkatan etos kerja staf ini.

Dalam peningkatan pelayanan pramu saji dan pelayanan pimpinan lain, alangkah sempurnanya setiap petugas memiliki seragam yang baik, sehingga ini juga akan membawa aura perubahan pelayanan yang mampu membuat tamu-tamu kita senang dan bisanya suasana kegiatan menjadi menyenangkan. Rasanya tidaklah baik juga, baju mengantar anak sekolah, kemudian juga melayani para tamu pimpinan, memang tidak ada larangan, akan tetapi seragam akan memberi dampak hebat dalam pelayan itu sendiri.

Dengan upaya pelatihan, pencerahan, bintek peningkatan etos kerja pemerintah daerah ini, para staf biro Umum dapat meningkatan kreatifitas dan inovasi yang lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan. Dimana Biro Umum dan Protokol merupakan pelayanan terdepan bagi pimpinan dalam penyelenggaraan pemerintah daerah, ungkapnya.[PksKelapaDua]

Tinggalkan komentar