Dibawah Kepemimpinan Gatot , Pertumbuhan Ekonomi Sumut Diatas Rata-Rata Nasional


image

Gatot Pujo Nugroho, Gubernur Sumut

PKS-Cibitung.com [TM]
Berdasarkan laporan tahun anggaran 2013, pendapatan daerah Sumatera Utara mengalami peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya. Menurut Gubernur Sumatera Utara, Gatot Pujo Nugroho dalam rapat paripurna pembacaan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Gubernur Sumatera Utara Tahun Anggaran 2013, meski peningkatannya tidak terlalu signifikan, namun secara kumulatif mampu menutupi belanja pemerintahan yang terus meningkat setiap tahunnya.

“Konstelasi ini membuktikan bahwa pertumbuhan perekonomian daerah yang ditandai dengan semakin meningkatnya pembelanjaan dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat, upaya-upaya peningkatan sumber pendapatan ini kita tempuh melalui program intensifikasi dan ekstensifikasi pendapatan daerah,” katanya di ruang sidang paripurna DPRD Provinsi Sumatera Utara, Senin 12 Mei 2014.

Kinerja perekenomian Sumut secara makro, yang diukur berdasarkan perubahan nilai Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga konstan tahun 2000, khususnya 5 tahun terakhir yaitu 2008-2012, menunjukkan keadaan yang membaik dengan pertumbuhan ekonomi di atas 6 persen per tahun. Jika dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi nasional secara rata-rata, Sumut mampu melebihi pertumbuhan ekonomi nasional yang hanya mencapai 5,78 persen.

Lanjutnya, perekonomian Sumut pada tahun 2013 lalu bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya mengalami peningkatan sebesar 6,01 persen.

“Peningkatan ini didukung dengan pertumbuhan positif pada semua sektor ekonomi, yang meliputi sektor keuangan, persewaan, dan jasa perusahaan merupakan sektor yang mencapai angka pertumbuhan tertinggi yakni 8.31 persen.”

Sedangkan dari segi konsumsi, konsumsi rumah tangga menyumbang angka sebesar 4,65 persen, pembentukan modal tetap bruto 1,48 persen, konsumsi pemerintan 0,41 persen, perubahan stok 0,30 persen, konsumsi nirlaba 0,01 persen, dan ekspor barang dan jasa neto 0,85 persen.

Dari hasil laporan tersebut, Gubsu menyebutkan kegiatan perdagangan luar negeri Sumut hingga bulan Desember 2013 meraih surplus sebesar USD 4,49 miliar dengan rincian ekspor sebesar USD 9,60 miliar dan impor USD 5,11 miliar. Demikian diberitakan dari waspada.co.id.[Fimadani]

Download Aplikasi PKS CIBITUNG on Android di link – https://play.google.com/store/apps/details?id=com.pks.cibitung

Tinggalkan komentar