Website “PKS CIBITUNG” Dalam ANGKA | Refleksi Akhir Tahun 2014


Refleksi Akhir Tahun 2014

Refleksi Akhir Tahun 2014

pkscibitung [dpa] – Beberapa saat lagi kita akan memasuki pergantian tahun dari 2014 ke 2015. Tidak terasa, 365 hari telah kita lalui sebagai insan manusia dan hamba Allah SWT. Begitu cepatnya waktu berlalu ini semoga saja sama cepatnya dengan laju amal kebaikan dan produktifitas manfaat yang kita buat untuk manusia, dan semoga ALLAH SWT menerima seluruh amal kebaikan kita ditahun 2014, aamiin. Perburuan pahala dan keridhaan sang Kholiq menjadi aktivitas dan motivasi dari mereka yang berharap Syurga-Nya. Perjalanan kehidupan fana ini patut kiranya selalu direnungkan disetiap waktu luang, perlu evaluasi di setiap kondisi, dan berlalunya waktu harus menjadi sejarah dan Muhasabah.

Dalam refleksi akhir tahun masehi ini, saya coba hadirkan sebuah informasi mengenai angka-angka terkait dengan website pks-cibitung yang dirangkum dalam laporan statistik, dan perlu diketahui bahwa hal ini pun dilakukan oleh WordPress untuk memberikan informasi yang akurat kepada para penggunanya, tak terkecuali website pks-cibitung yang dilaporkannya dalam annual report 2014. Bagi saya, informasi ini sangat berguna dan semoga saja bisa menjadi bahan evaluasi untuk perbaikan dan peningkatan ditahun berikutnya…insya ALLAH.

Apakah terjadi kenaikan pengunjung…?

Berdasarkan angka statistik yang dirilis oleh WordPress, tahun ini viewers website pks-cibitung sebanyak 373 Ribu-an, tepatnya tercatat di angka 373.278 pada hari Selasa 30 Desember 2014 Jam 11.00an. Artinya, pada tahun 2014 ini telah terjadi lonjakan fantastis dibandingkan dengan tahun sebelumnya, dan bahkan pada tahun ini website pks-cibitung telah dilihat lebih banyak dari pencapaian viewers pada tahun pertama diluncurkan hingga tahun 2013 (5 Tahun). Patut di apresiasi, walau situs ini berbasis blog gratis dan dikelola oleh kader media di tingkat Kecamatan, namun bisa memberikan prestasi yang baik.

Kenapa jumlah pengunjung melonjak drastis…?

Menurut analisa kami, setidaknya ada 5 faktor yang meyebabkan kenaikan viewers tahun 2014 yang sangat signifikan dan naik hampir 4 kali lipat jika dibandingkan dengan periode 1 tahun sebelumnya. Kelima faktor penyebab kenaikan itu adalah,

  1. Tahun Politik, Tahun 2014 dilaksanakan pemilihan Legislatif pada bulan April dan Pilpres di beberapa bulan berikutnya. Ketertarikan masyarakat untuk mengetahui informasi mengenai partai yang diusung, kiprah & kegiatan yang dilakukannya, profil calon anggota dewan, kegiatan kampanye kandidat presiden yang dipilihnya, dst….Dahaga akan informasi yang diinginkan dan dicari oleh masyarakat tadi, ternyata tersuguhkan secara apik dan cepat di website pks-cibitung.
  2. Peristiwa Gaza, Ditahun ini kembali dunia di hentakkan dengan peristiwa keji terhadap kemanusian dari pasukan Zionist Israel terhadap Negara Palestina. Perhatian masyarakat dunia pada umumnya dan ummat Islam di Indonesia pada khususnya, tertuju kepada suatu wilayah yang di gempur oleh rudal-rudal Yahudi dan membunuh penduduk sipil baik wanita maupun anak-anak. Empati masyarakat sangat tinggi, hingga akhirnya postingan lama tentang palestina dan postingan terkini menjadi rating tertinggi yang dilihat pengunjung saat itu. 3 Postingan teratas itu adalah.. Mari kenali Brigade Izzuddin Al Qassam, Inilah Teks Doa Untuk Muslim Gaza – Palestina, dan Monorel Kota Bandung Menyalip Monorel Kota Jakarta.
  3. Respon cepat tim reporter, dua hal diatas jika tidak diolah secara cepat oleh tim reporter menjadi sebuah berita, tentu saja tidak akan menarik pengunjung. Ibarat juru masak, dia harus pandai mengolah bahan-bahan masakan yang bertebaran, diramu dengan takaran bumbu yang tepat sehingga menjadi masakan yang siap dihidangkan dan masuk dalam daftar menu di meja makan. Alhamdulillah, tim reporter telah melakukan itu dengan apik dan patut diacungi jempol atas kerja mereka.
  4. Produktivitas tim reporter, ada 4.038 Posting baru hingga hari kedua terakhir ditahun 2014, sehingga total pos dari sejak situs ini berdiri di tahun 2008 adalah sebanyak 5.958 Posting. Dari angka itu, apa kira-kira kesan pertama dalam pikiran anda? Hemmm … pasti kesannya akan berbeda sesuai dengan tingkat daya analisis terhadap angka-angka yang kami sebutkan diatas dan espektasi seseorang, tetapi bagi saya ini adalah prestasi yang luar biasa! Dan tidak ragu lagi saya harus bilang…WOW…tanpa koprol…hehe. Pencapaian ini perlu di syukuri dengan baik, karena tahun 2014 ini menyumbang postingan sebesar 68% dari total posting selama 6 tahun….Alhamdulillah. Semoga seluruh postingan tersebut memberikan nilai manfaat bagi pengunjung yang mampir dan menyimak, aamiin.
  5. Aplikasi pada google play store, ditengah maraknya pemakaian hand phone berbasis system Android maka seiring itu pula meningkatknya berbagai aplikasi yang dibuat untuk memudahkan pengguna, maka website pks-cibitung pun tidak mau ketinggalan. Berbekal komunikasi dengan tim media PKS lainnya dan atas bantuan kader yang ahli dibidangnya, maka aplikasi website hadir untuk menjangkau pengunjung lebih banyak lagi, dan aplikasi tersebut dapat di download secara gratis di… https://play.google.com/store/apps/details?id=com.pks.cibitung

    PKS Cibitung on ANDROID

 

Bagaimana tantangan tahun depan …?

Saya memprediksi bahwa pencapaian jumlah pengunjung di tahun depan mungkin tidak akan sebanyak ditahun 2014, namun demikian Konsistensi tim reporter dalam produktivitas posting serta Insting & Respon tim reporter dalam meramu bahan berita dan menyajikannya menjadi sebuah posting perlu terus dijaga dan ditingkatkan. Topik informasi yang akan diangkat harus selalu dipilih dan di seleksi dengan tepat agar menghasilkan menu berita yang renyah untuk dibaca, bermanfaat bagi para pembaca, layak untuk dibagi dan disebar kepada dunia, dan tentu saja bernilai pahala disisi Yang Maha Kuasa. Bukan tidak mungkin tahun 2015, secara maknawi pencapaiannya akan lebih baik dari tahun 2014….Wallohu’alam.

Sekali lagi saya ucapkan apresiasi setinggi-tingginya kepada tim reporter yang telah bekerja siang dan malamuntuk mengirim berita, menghidupkan blog ini, dan selalu semangat dalam berbagi informasi. Semoga terjaga keikhlasannya, terjaga konsistensinya, dan semoga semua yang dilakukan tercatat sebagai amal soleh di sisi ALLAH SWT.

Data Pura

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Tinggalkan komentar