5 Jenis Obat Cacar Air Tradisional


cacar-airobat-

pks-cibitung.com [ito] Penyakit kulit cacar air merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus varicella-zoster. Penyakit ini biasanya diawali dengan badan yang sedikit demam, lemah, lesu, dan disertai pilek. Sementara itu, pada kasus tertentu yang lebih serius biasanya ditandai dengan nyeri sendi, dan pusing-pusing. Penyakit cacar air biasanya diawali pada sekitar perut, punggung, dan dada. Selanjutnya menyebar ke hampir seluruh anggota tubuh.

Penyakit cacar air biasanya dapat hilang dengan sendirinya pada sekitar 2-3 minggu. Karena tubuh secara alami dapat membentuk antibodi yang mampu membunuh virus penyebab cacar air. Meskipun begitu sebaiknya segera obati penyakit cacar air agar tidak semakin serius. Kamu bisa menggunakan beberapa obat cacar air tradisional untuk mengatasi penyakit kulit ini.

1. Temu lawak dan asam jawa

Temu lawak dan asam jawa beserta beberapa bahan alami lain mampu membunuh virus yang berkembang dari dalam tubuh. Caranya adalah, rebus 30 gr temulawak, 25 gram kencur, 15 gram asam jawa, 15 gram jahe dipotong-potong dengan 600 cc air. Biarkan mendidih hingga menyisakan air rebusan setengahnya saja atau sekita 300 cc. Saring dan minum obat cacar air tradisional ini sebanyak 2 -3 kali sehari.

2. Buah mengkudu

Buah mengkudu memang mempunyai banyak khasiat dalam mengobati penyakit termasuk salah satunya cacar air. Caranya ambil 30 gram buah mengkudu yang telah matang bisa dengan di jus atau diparut lalu diambil airnya. Tambahkah madu agar rasanya lebih baik. Minum ramuan ini sehari 2 – 3 kali.

3. Kunyit

Obat cacar air alami dari tumbuhan rimpang lainnya adalah kunyit. Ramuan ini digunakan untuk pengobatan pada luar. Cara membuatnya tumbuk kunyit dan asam jawa hingga halus. Campurkan dengan minyak kelapa dan panaskan sebentar saja. Jika sudah dingin oleskan ke seluruh tubuh, terutama bagian yang terkena cacar air.
Atau kamu bisa mencoba cara yang lebih mudah yaitu dengan menghaluskan daun asam dan kunyit lalu dioleskan pada kulit yang terkena cacar.

4. Kacang hijau

Kacang hijau juga dapat membantu menyembuhkan cacar air secaraefektif. Caranya rendam kacang hijau yang telah dicuci pada air bersih hingga mengembang. Haluskan kacang hijau dengan cara ditumbuk dan oleskan pada kulit yang terkena cacar air.

5. Jagung muda

Obat cacar air tradisional selanjutnya adalah jagung yang masih muda. Parut jagung muda dan oleskan pada kulit yang terkena cacar air.

Apa benar cacar air hanya akan dialami oleh seseorang sekali dalam seumur hidup? Beberapa ahli dan dokter membenarkan anggapan ini. Alasannya ketika cacar air menyerang seseorang antibodi mampu membuat penangkal virus yang selanjutnya dapat menjadi threatment atau kekebalan yang ampuh pada virus cacar air.

Demikian beberapa jenis obat cacar air tradisional dan alami yang bisa kamu coba.

Sumber : Sehat99

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s