Setelah Diamandemen, PKS Bolehkan Kepala Daerah Menjadi Pengurus Partai


image

Mardani Ali Sera, Wasekjen DPP PKS

PKS Cibitung.Com [TM]
Belakangan ini, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tengah memantapkan kepengurusannya periode 2015-2020 di sejumlah dewan pimpinan tingkat wilayah (DPTW).

Namun, diketahui ada sejumlah kepala daerah yang ikut masuk menjadi pimpinan wilayah partai tersebut. Misalnya, Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu yang menjadi Ketua DPTW Jawa Barat dan Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial sebagai ketua MPW PKS.

Menurut Wakil Sekjen DPP PKS Mardani Ali Sera, hal tersebut bukanlah persoalan karena sudah sesuai dengan AD/ART PKS yang baru, setelah amandemen. Dia menuturkan, naiknya Sohibul Iman menjadi Presiden PKS telah meruangkan aspirasi kader-kader PKS di sejumlah daerah agar kepala daerah aktif bisa mengisi jabatan struktural partai.

Mardani mengungkapkan, sebelum amandemen, kepala daerah memang tak diperbolehkan untuk masuk ke dalam jabatan struktur partai.

“Tapi desakan dari kader, kita buat amandemen peraturan tentang musyawarah wilayah. Jadi dulunya, pejabat publik tidak dibolehkan masuk dalam Daftar Calon Sementara (DCS). Sekarang, pejabat publik boleh,” jelas Mardani Ali Sera saat dihubungi, Ahad (11/10).

Kemudian, lanjut dia, dalam pemilihan umum internal akhirnya memang terpilih sejumlah pejabat publik. Hal ini sendiri dimungkinkan setelah komposisi Majelis Syuro PKS terbentuk. “Sudah Majelis Syuro, buat Ad/ART yang baru. Di situ dilakukan (amandemen). Peraturan Musywil itu kan turunan AD/ART,” kata dia.

Hal yang cukup baru lainnya, tutur Mardani, ialah kini semua pejabat struktural PKS harus menandatangani pakta integritas. “Sekarang, semua pelantikan pengurus DPW, NPW, dan DSP, sudah harus menandatangani pakta integritas,” ujar dia.

Tak ditampiknya pula pernyataan Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf bahwa para kader agar tak coba-coba berkhianat. Namun, Mardani menjelaskan, konteks pernyataan Salim tersebut lebih pada konteks konsistensi pada pengembanan amanat sebagai pejabat struktural partai.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s