PKS Usulkan RUU Bela Negara Masuk Prolegnas Tahun 2015-2016


image

Mahfudz Siddiq, Ketua Komisi I dari FPKS DPR RI

PKS Cibitung.Com [TM]
Menurut politisi PKS Mahfud Siddik, ada yang  urgen yakni undang-undang bela negara, dan pengejetawahan  pertahanan semesta.

“Namun ada hal yang urgen menurut saya yakni undang-undang bela negara, dan pengejetawahan  pertahanan semesta,” kata Mahfud dalam dialog Pro3 RRI, Selasa (6/10/2015).

Indonesia, jelasnya, menganut sistem pertahanan semesta, dan yang pertama adalah komponen utama yakni TNI, dan kedua komponen cadangan itu yang harus diatur cadangan, dan diperlukan unsur cadangan untuk pembelaan negara. Ketiga adalah komponen pendukung yang diatur dalam undang-undang tersendiri.

“Namun terakhir dua minggu lalu ada pemikiran baru di pemerintah dimana komponen cadangan dan komponen pendukung itu disatukan saja,” imbuhnya.  

Yang harus dibangun, ujar Mahfud, adalah kesadaran warga negara untuk membela tanah airnya. “Kita harus sadar dan bela Indonesia,” terangnya.

Kalau revolusi mental, ucapnya,  itu adalah pembentukan masyarakat disiplin. Yang menarik, katanya, dalam membentuk disiplin orang Singapura dimana  setiap mahasiswa itu selama satu tahun mereka diberikan kewajiban militer.

“Dan ternyata satu tahun itu membentuk kedisiplinan, dan masuk kurikulum,” tuturnya.

Ternyata, katanya, dibanyak negara pendidikan bela negara yang diterjemahkan wajib negara bisa memberikan karakter perilaku yang disesuaikan dengan negara tersebut.

“Karena itu program ini dapat mewujudkan kekuatan dan disiplin negara tersebut,” pungkasnya. [SAS/WDA]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s