Pesan Cinta Anis Matta untuk Pelaksanaan Muswil PKS di Seluruh Indonesia


image

@anismatta pidato dalam acara @Kazansummit_ru 7th Economic Forum 15-16 Juni 2015, Kazan-Rusia.

PKS Cibitung.Com [TM]
Salah satu bentuk pengewantahan keikhlasan dalam situasi transisi kepemimpinan di pusat dan daerah sekarang adalah mendorong terjadinya “transfer of power” semulus mungkin di seluruh DPW dan DPD. Terutama jika ada di antara antum yang tidak dicalonkan atau dicalonkan tapi tidak terpilih..

ﺗﻠﻚ ﺍﻣﺔ ﻗﺪ ﺧﻠﺖ ﻟﻬﺎ ﻣﺎ ﻛﺴﺒﺖ ﻭ ﻟﻜﻢ ﻣﺎ ﻛﺴﺒﺘﻢ .. ﻭ ﻻ ﺗﺴﺄﻟﻮﻥ ﻋﻤﺎ ﻛﺎﻧﻮﺍ ﻳﻌﻤﻠﻮﻥ ..

Sebagai “individu” kita harus belajar bagaimana “tenggelam” dalam “Orgranisasi”.

Jangan pernah khawatir dengan kritik, karena kritik tidak akan pernah bisa melukai kebesaran seseorang.

Jangan pernah terpukau dengan sanjungan, karena sanjungan tidak akan pernah bisa merubah katak jadi lembu.

Kita harus fokus pada cita-cita besar kita dan memastikan bahwa kegelisahan kita seluruhnya bersumber dari fakta bahwa cita-cita itu belum terwujud.
Kita harus menjadikan masa depan sebagai kerangka waktu yang mendefenisikan diri kita dan karenanya menentukan cara kita bekerja.

Mereka yang mendefenisikan diri sebagai masa depan akan bekerja untuk menjadi relevan di masa depan. Mereka yang mendefenisikan diri sebagai masa lalu akan menemukan relevansi dirinya hanya ketika mereka berlindung ke masa lalu dan terus menerus bekerja dengan cara-cara lama.

Inovasi adalah musuh besar mereka.

Kita harus membebaskan diri dari penyakit besar kaum Islamis: melankolik…!!

Cita-cita besar kita adalah mentransformasikan Islam dari “identitas peradaban” kepada “sistem dan institusi politik, ekonomi dan sosial”.

Pencapaian terbesar Gerakan Islam abad 20 adalah membangkitkan kembali identitas peradaban itu.

Tugas generasi abad ini adalah mengubah identitas itu menjadi sistem dan institusi politik, ekonomi dan sosial.

Sistem dan institusi itu harus berskala global.

Sistem itu harus melampaui konsep nation state (negara bangsa), berkembang lbh jauh menjadi konsep “negara jaringan”, yang bertumpu pd “nilai-nilai” dan berorientasi pd “manusia”, serta mengelola seluruh sumber dayanya berbasis jaringan integral untuk menciptakan pertumbuhan kesejahteran yang berkesinambungan dan keadilan sosial yang hakiki.

Secara internal kekuatan #NegaraJaringan bertumpu pd kapasitas eksekusi bukan pada otoritas legalnya. Dan secara eksternal bertumpu pada kontribusinya bagi kemanusiaan bukan pada dominasinya.

Secara ekonomi sistem dan institusi #NegaraJaringan itu harus terbebas dari belenggu pilihan Kanan atau Kiri, dan mengembangkan pendekatan “ integrative innovation” yaitu pendekatan yg memadukan antara etika, pengetahuan, dan sumberdaya sebagai sumber pertumbuhan. Serta memadukan fungsi negara dan masyarakat dalam menciptakan keadilan sosial dalam sistem distribusi.

Sistem dan institusi itu juga harus terbebas dari penyakit split society dimana negara dipisahkan dari individu (bukan hanya dari agama) dan karenanya tujuan negara sama sekali tidak berhubungan dengan tujuan hidup individu dalam masyarakat!! Sistem itu harus bisa mengintegrasikan kesejahteraan dan kebahagiaan.

Sistem dan institusi #NegaraJaringan itu harus memiliki semua parameter real power untuk dua tujuan dasar: terus eksis dan terus bertumbuh.

Sistem dan institusi #NegaraJaringan selanjutnya harus bisa menjadi kekuatan utama dunia (bersama Amerika, Eropa, China dan Rusia). Menjadi pemain utama dunia berarti berpartisipasi dalam menyelesaikan masalah-masalah utama kemanusiaan saat ini seperti kebodohan, kemiskinan, perubahan lingkungan, kekurangan pangan, energi dan air, dan lainnya.

Pemain utama baru ini diterima oleh masyarakat global karena keyakinan mereka pada kejujurannya untuk terlibat dalam kemitraan strategis, karena kemampuan inovasi sistemiknya dalam memberikan solusi serta kekuatan jaringan operasi kelembagaannya.

Pemain global kelima ini dengan semua kualifikasi itu kelak dapat menemukan momentum untuk membangun Tatanan Dunia Baru sebagai pengganti dari Tatanan Dunia yang sekarang sedang menuju kebangkrutan.

Itu ide dasarnya. Itu yang akan membuat kita relevan di masa depan.
Tapi ide itu membutuhkan pendekatan yang lebih massif, pendekatan yang ingin saya sebut sebagai #smart revolution.

From Russia With Love

Sumber : Pesan Cinta Anis Matta untuk Pelaksanaan Muswil PKS di Seluruh Indonesia-http://swaraindonesia.web.id/2015/10/pesan-cinta-anis-matta-untuk-pelaksanaan-muswil-pks-di-seluruh-indonesia/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s