Terkait Penyelenggaraan Haji, Indonesia Harus Tingkatkan Bargaining Position Kepada Saudi


image

Jazuli Juwaini (kiri) Ketua Fraksi PKS DPR RI ketika melakukan konferensi pers bersama pimpinan DPR terkait penyelenggaraan haji foto : @dpr_ri

PKS Cibitung.Com [TM]
Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera meminta pemerintah Indonesia meningkatkan posisi tawarnya terhadap Arab Saudi dalam penyelenggaraan ibadah haji. Sebagai negara dengan penyumbang jemaah haji terbesar, Jazuli merasa Indonesia harusnya mendapatkan fasilitas yang lebih layak oleh Arab Saudi.

“Pemerintah harus meningkatkan bargaining position sehingga kita mendapatkan fasilitas dan perlakuan yang lebih layak,” kata Jazuli dalam jumpa pers di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (30/9/2015).

Jazuli yang baru saja menunaikan ibadah haji atas undangan Arab Saudi ini mengaku sudah meninjau fasilitas yang didapatkan oleh jemaah haji Indonesia. Tenda untuk tempat tidur dan istirahat jemaah haji di Arafah misalnya, menurut dia sudah tidak layak.

“Tenda-tenda itu karpetnya sudah robek, tiang-tiangnya keropos. Itu tenda besar tapi ac-nya cuma satu,” ucap Jazuli. 

Padahal, lanjut Jazuli, cuaca di sana sangat panas. Di siang hari, suhu udara bisa mencapai 50 derajat celcius. Jika tidak mendapatkan fasilitas yang layak, dia khawatir ibadah hingga kesehatan para jemaah akan terganggu.

“Waktu wukuf sudah ada 12 orang yang meninggal karena kepanasan. Mau minum banyak-banyak juga nanti takut beser (kencing) karena di sana WC-nya juga antri panjang,” ujar Jazuli.[kompas]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s