Ini Catatan Ketua Fraksi PKS Terkait Tragedi Mina


image

Ketua Fraksi PKS DPR RI, Jazuli Juwaini (kiri) bersama Ketua DPR RI, Setya Novanto saat mengunjungi Korban Tragedi Mina di RS Mina Emergency Suber goto : @jazulijuwaini

PKS Cibitung.Com [TM]
Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini punya masukan untuk perbaikan penyelenggaraan haji bagi jemaah asal Indonesia, kaitannya dengan tragedi Mina. Di antaranya Pemerintah diminta membuat posko-posko di sepanjang jalur lempar jumrah.

“Harus membuat posko-posko di jalur-jalur dari tenda Indonesia menuju tempat lempar jumrah, karena banyak sekali jemaah yang tersesat. Mereka bisa berangkat tapi nggak tahu jalur pulang,” kata Jazuli dalam keterangan tertulisnya, Jumat (25/9/2015).

Jazuli juga meminta Pemerintah menempatkan petugas Indonesia di sejumlah rumah sakit di Mina dan Muzdalifa, utamanya untuk momen-momen ibadah yang menguras banyak tenaga.

“Harus menempatkan petugas terutama pada tanggal 9,10,11,12, dan 13 Dzulhijjah untuk antisipasi jemaah yang sakit dan memudahkan koordinasi,” ujarnya.

Selain itu, Jazuli juga meminta jemaah haji Indonesia lebih tertib. Aturan dari penyelenggara haji harus diikuti.

“Jemaah haji harus mengikuti aturan lapangan secara teknis. Waktu melempar, masing-masing negara sudah diatur dan ditentukan. Jemaah sebaiknya mentaati aturan tersebut,” tuturnya.

Lalu, petugas kloter atau karom harus bisa bertanggung jawab kepada seluruh jemaah haji di setiap kloternya.

“Jangan biarkan jemaah lempar jumrah tanpa karom,” tuturnya.

Seperti diketahui, sejauh ini, teridentifikasi ada 3 jemaah Indonesia yang meninggal dalam tragedi Mina. Mereka yang meninggal adalah yang berupaya menuju tempat lempar jumrah di luar jadwal yang ditentukan Pemerintah. [Detik]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s