Haji dan Qurban Bisa Atasi Masalah Bangsa


image

Hilman Rosyad, Ketua Bidang Pembangunan Ummat dan Dakwah DPP PKS

PKS Cibitung.Com [TM]
Ketua Bidang Pembangunan Umat dan Dakwah (BPUD) DPP PKS Hilman Rosyad mengatakan dua ibadah yang dijalankan umat Islam pada hari raya Idul Adha ini, yakni haji dan kurban memiliki pesan sosial.

“Haji dan kurban adalah ibadah yang disyariatkan Allah. Keduanya bukan sekadar ritual, tetapi memiliki pesan sosial. Haji adalah undangan khusus dari Allah kepada siapa yang dipilih-Nya,” kata Hilman melalui keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (24/9).

Hilman mengatakan haji diharapkan memiliki dampak yang signifikan dalam kehidupan masyarakat mengingat jumlah kuota haji yang dibatasi, yakni ada sekitar 160 ribu jamaah dari Indonesia yang menunaikan haji pada tahun ini. Haji yang mabrur, sambung dia, diharapkan menjadikan jamaahnya lebih taat dalam beribadah dan peduli terhadap sesama manusia.

Menurut Hilman, nilai-nilai yang tersirat dalam ibadah kurban yakni umat Islam diajarkan untuk mempersembahkan yang terbaik dalam ibadah. Hewan yang disembelih bukan hewan sembarangan, namun hewan kurban yang terbaik dari segi kualitasnya.

“Kurban melatih kaum muslimin mempersembahkan yang terbaik. Dari sini, diharapkan lahir anggota DPR yang diisi oleh orang-orang terbaik, serta Presiden yang terbaik,” kata Hilman,

Nilai yang terkandung dalam kedua ibadah di bulan Dzulhijjah tersebut diharapkan bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, semangat ibadah sosial, seperti haji dan kurban juga bisa menjadi solusi atas masalah-masalah bangsa. [ROL]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s