HNW : ‘Iedul Adha Ajarkan Kita Untuk Tidak Egois


image

Hidayat Nurwahid menyampaikan khutbah Ied pagi ini di Lapangan Markas Batalyon Zeni Konstruksi 14 TNI AD Sumber foto : @fpksdprri

PKS Cibitung.Com [TM]
Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, memaknai Idul Adha sebagai momentum dan intervensi agama yang sangat baik dan menyegarkan kembali semangat pengorbanan. Yaitu berkorban untuk kepentingan yang lebih besar. Selain itu, Idul Adha juga membawa masyarakat untuk semakin solid dan saling berbagai satu sama lain.

“Dengan Idul Adha kita diajarkan untuk tidak berpikir egoistis, egosentris, ego kelompok, ego sektoral, maupun berpikir jangka pendek,” katanya kepada wartawan usai menjadi imam dan khatib shalat Idul Adha di Lapangan Yonzikon 14 /SWC, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Kamis (24/9).

Menurut Hidayat, Idul Adha lebih masuk pada dimensi maslahat yang lebih luas, lebih panjang, dan mengutamakan kepentingan umum. Lebaran haji juga mengingatkan masyarakat bahwa beragama juga menguatkan dimensi sosial. ”Daging kurban dibagikan untuk seluruh umat manusia,” ujarnya.

Dari Idul Adha, lanjut Hidayat, beragama bisa menyatukan seluruh bangsa Indonesia karena dengan perayaan ini bisa menguatkan silaturahmi, di tengah beragam kekhawatiran dalam menyambut masyarakat ekonomi Asean atau MEA sertaย  krisis ekonomi.

Ia menambahkan, beragama bagi umat Islam, bukanlah menghadirkan hal yang menakutkan seperti terorisme ataupun ektremisme. Tapi, beragama harus menghadirkan kegembiraan, kenyamanan, dan solusi.ย 

Hidayat berharap, suasana Idul Adha ini bisa berlangsung dengan aman dan tertib di Tolikara Papua. Sebab, kata dia, ada kekhawatiran kasus Idul Fitri bisa terulang lagi. ”Tapi sudah ada jaminan dari Kapolri, Kapolda, Menko Polhukam bahwa shalat Idul Adha bisa diselenggarakan dengan aman dan damai,” katanya.

Hidayat berpendapat, mengganggu perayaan agama, apapun agamanya, tidak ada untungnya. Karena itu keharmonisan dalam menjalankan ibadah harus dijaga. Jangan sampai karena ektstremisme atau radikalisme satu kelompok mengakibatkan disharmoni. ”Ini tidak boleh,” katanya menegaskan.[ROL]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s