Inilah Nama-nama Calon Pengganti Ketua DPW PKS Lampung


image

Perwakian DPW PKS Lampung pada Munas ke-4 PKS di Depok

PKS Cibitung.Com [TM]
Pasca masuknya Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Lampung Gufron Azis Fuadi dalam struktur DPP, sejumlah nama bermunculan sebagai calon pengisi kursi ketua DPW yang kosong.

Mereka, yakni Johan Sulaiman, Antoni Hasan, Ade Utami Ibnu, dan Ahmad Mufti Salim. Empat kader tersebut dipandang layak menggantikan posisi Gufron sebagai ketua DPW Lampung.

Ketua DPP Bidang Dakwah se-Sumbagsel Gufron Aziz Fuadi mengatakan pihaknya segera melaksanakan musyawarah wilayah (muswil) untuk memilih ketua DPW yang baru masa bakti 2015-2020.

“Insya Allah pada Oktober nanti kami menggelar muswil,” kata Gufron saat dihubungi, Selasa (15/9/2015).

Menurut Gufron, untuk memilih ketua DPW, partainya tidak kesulitan. Sebab, PKS memiliki banyak kader yang layak ditempatkan sebagai ketua.

“Untuk menggantikan posisi saya banyak, ada Pak Johan, Antoni Hasan, Mufti, dan Ade. Keempat ini saya pandang layak dan mumpuni untuk menjadi ketua, namun semuanya ada mekanisme,” ungkapnya.

Gufron mengatakan mekanisme pemilihan ketua dibahas dalam rapat internal lebih dahulu, partainya akan menunjuk calon yang memenuhi syarat sebanyak 27 orang yang menjadi calon tetap.

“Sebanyak 27 calon itu akan disampaikan DPP. Lalu DPP melakukan penyaringan hingga sembilan orang seterusnya DPP menetapkan ketua DPW, Majelis Pertimbangan Wilayah dan Dewan Syariah Wilayah,” kata dia.

Secara terpisah, Ketua Bidang Kaderisasi DPW PKS Lampung Mufti Salim mengatakan baru mendengar informasi mengenai statemen Ketua DPW yang menyatakan dia layak menjadi ketua DPW dari media.

“Saya baru dengar ini dari media. Tapi, kalau benar adanya, saya sangat berterima kasih kepada Pak Gufron. Mungkin beliau memiliki penilaian tersendiri terhadap saya,” kata Mufti saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (16/9/2015).

Dia menjelaskan pada prinsipnya mekanisme pemilihan Ketua DPW PKS melalui muswil yang akan digelar bulan depan. Namun, perlu diketahui pada muswil nanti PKS tidak memilih ketua DPW, melainkan memilih sembilan struktur pimpinan tingkat wilayah. 

“Sembilan orang tersebut terdiri dari unsur pengurus DPW 5 orang, unsur Majelis Pertimbangan Wilayah (MPW) 2 orang, unsur Dewan Syariah Wilayah (DSW) 2 orang. MPW dan DSW dipilih ketua dan sekretaris sedangkan unsur lima yang di DPW dipilih ketua umum dan wakil ketua umum, sekretaris umum, bendahara umum, ketua bidang kaderisasi,” ungkapnya.

Menurut dia, kini internal partai masih dalam tahapan penjaringan kader. Nanti, mekanisme yang akan dipakai PKS dalam memilih ketua DPW berdasar pada hasil penjaringan yang dilakukan tim kecil. Jika mengacu pada aturan yang lama, sebanyak 27 kader akan dilaporkan ke DPP, kemudian DPP akan melakukan cek data dan sebagainya. Setelah dinyatakan valid, ke-27 kader tersebut akan dikirimkan kembali oleh DPP ke DPW lalu diteruskan ke DPD untuk dilakukan penjajakan.

Menurut Mufti, DPD diberi waktu untuk memilih dari 27 kader tersebut, siapa yang layak masuk struktur DPW sebanyak 9 orang. Setelah dilakukan penjajakan 27 nama tersebut akan dikirimkan kembali ke DPP untuk ditentukan siapa yang layak memasuki struktur DPW dan ketua.

“Untuk pemilihan 9 orang yang dimaksud partainya menggunakan sistem ranking, kalau dia ranking pertama sudah jelas dia akan menempati posisi ketua DPW. Tapi yang memutuskan DPP,” tutupnya. [Lampost]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s