Hidayat Jadi Korban Kabut Asap Saat Kunjungan Ke Dumai


image

Foto : detik

PKSCIBITUNG [SB] – Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid berkisah soal pengalamannya terjebak dalam bencana kabut asap di Riau belum lama ini. Akibat bencana tersebut, penerbangannya ke Jakarta batal.

“Saya salah satu korban asap di Pekanbaru, Minggu lalu kami sosialisasi 4 pilar di Dumai. Sebelumnya, dua hari berturut-turut hujan sehingga pesawat bisa masuk. Hari Senin seharusnya saya balik ke Jakarta, tapi pesawat nggak bisa masuk karena asap dan tidak ada jaminan besok bisa terbang,” kata Hidayat saat berbincang di Bandara Internasional Beijing, Kamis (17/9/2015).

Untuk mengejar waktu, politisi PKS ini akhirnya pergi ke Padang menggunakan jalur darat selama 14 jam sebelum melanjutkan penerbangan ke Jakarta. Dari pengalamannya itu, Hidayat meminta pemerintah tidak hanya fokus ke penanganan melalui sanksi tegas, tetapi juga mencari solusi untuk mengatasi masalah kabut asap secara komperhensif.

“Jadi ini permasalahan yang memang harusnya ada penyelesaian komprehensif karena ini masalah yang tidak sederhana, di situ ada unsur pengusaha, ada unsur  petani. Konon dan perlu dibuktikan lagi, pembakaran itu dilakukan untuk membuka lahan. Sebab kalau pakai clearing biasa lebih mahal, lebih lama dan tidak efektif,” kata Hidayat.

“Jadi menurut saya pemerintah perlu melakukan pendekatan komprehensif. Apakah melalui kementerian sosial lewat bantuan rakyat miskin atau melalui kementerian pertanian maupun kehutanan. Kata kuncinya tidak cukup menangkapi mereka yang membakar, tidak cukup dengan melakukan pemadaman,” lanjutnya.

Pria yang kerap disapa HNW itu pun meminta seluruh pihak bisa bekerjasama dengan baik. Tidak lagi menyelesaikan secara sendiri-sendiri karena ego sektoral.

“(Untuk penanganan) Rasanya belum connect. Masing-masing masih bekerja sendiri, masing-masing merasa punya tanggung jawab sendiri-sendiri,” pungkasnya.

Sebelum ini, Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti mengatakan sudah ada 132 kasus yang berhasil ditangani terkait bencana kabut asap. Di mana, 127 diantaranya perorangan. Pihaknya juga masih melakukan penyidikan terhadap 10 korporasi di Sumatera dan Kalimantan yang diduga terlibat pembakaran lahan hutan.

Kunjungan rombongan MPR RI yang dipimpin oleh Ketua MPR Zulkifli Hasan. Ikut pula dalam rombongan, antara lain Ketua Fraksi PDIP MPR Achmad Basarah, Ketua Fraksi Golkar MPR Rambe Kamarul Zaman, Ketua Fraksi PKS MPR TB Soenmandjaja, Ketua Fraksi Hanura MPR Sarifuddin Sudding dan Sekretaris Jenderal MPR Eddie Siregar.

Selain itu ada juga Presdir Maspion Group sekaligus salah satu Ketua Asosiasi Pengusaha Tiongkok Dunia Alim Markus. Lawatan ini dimaksud sebagai kunjungan balasan terhadap pemerintah Tiongkok sekaligus memenuhi undangan dari pengusaha-pengusaha Tiongkok yang akan menggelar konferensi di Bali pada 25 September mendatang. (detik)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s