Penuntasan Masalah Tenaga Honorer K2 Belum Jelas


                         

image

Guru dikelas (ilustrasi)

PKSCIBITUNG [SB] – Rapat kerja dan dengar pendapat Komisi II dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) di Jakarta, Sabtu (12/9);  belum menjawab penuntasan masalah tenaga honorer K2. 

“Membaca Pagu Anggaran dan Rencana Kerja tahun 2016 kementerian/lembaga PAN-RB, BKN dan KASN tidak ada yang mengarah kepada penuntasan tenaga honorer K2,” kata Saaduddin, yang disampaikan dalam rilisnya di Jakarta, Senin (14/9).

Dari total 205, 386 milyar rupiah usulan rencana anggaran Kemen PAN-RB untuk tahun 2016, anggaran itu terbagi untuk pelayanan umum, program dukungan manajemen dan pelaksanaan tugas teknis lainnya, program peningkatan sarana dan prasarana aparatur, dan program pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. 

Padahal Komisi II DPR RI sudah berkali-kali mengadakan Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan forum-forum tenaga kerja honorer K2 dan mendengarkan keluhan dan aspirasi mereka. Berangkat dari hal itu, kami di Komisi II ingin memperjuangkan aspirasi mereka yang nasibnya sampai saat ini belum mendapatkan kejelasan dari pemerintah.

Salah satu kunci untuk mengatasi masalah ini adalah adanya political will dari pemerintah untuk menuntaskan persoalan ini.Untuk itu lanjutnya, komisi II belum dapat menyetujui pagu anggaran yang disampaikan kementerian/lembaga aparatur negara di ketiga instansi pemerintah tersebut.

“Kita (komisi II) menginginkan pemerintah memberikan penjelasan terkait  solusi permasalahan tenaga honorer K2 ini paling lambat Desember 2015,” ujar Saad, yang juga anggota Panja Aparatur.

Dengan demikian, ungkap Saad, panja Aparatur akan mengundang kembali kementerian/lembaga PAN-RB, BKN dan KASN untuk merumuskan solusi konkret masalah honorer K2 untuk diajukan dalam Pagu Anggaran dan Rencana. Kerja, yang nantinya termuat dalam dokumen APBN 2016.

“Kita ingin pastikan masalah ini (honorer K2) sudah ada jawabannya sebelum  Desember 2015,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s