Ekonomi Tidak Bergerak, Indonesia Terancam Jadi Negara Gagal


image

Sohibul Iman Presiden PKS

PKSCIBITUNG [SB] – Presiden PKS Sohibul Iman mengatakan, Indonesia berpotensi menjadi negara gagal pada masa depan karena tidak mampu bergerak dari level kelas menengah bawah menuju level kelas menengah ke atas. Sebelumnya, kegagalan juga diungkapkan oleh Partai Demokrat.

“Jika tidak ada kebijakan yang sifatnya riil di masyarakat, Indonesia terancam menjadi negara gagal,” kata Sohibul Iman dalam Munas ke-4 PKS di Hotel Bumi Wiyata, Depok, Jawa Barat, Senin, (14/9).

Menurut dia, ancaman itu disebabkan oleh pembangunan yang tidak terarah. “Struktur pembangunan Industri di Indonesia hanya berbasiskan pada sumber daya alam (SDA), bukan sumber daya manusia (SDM),” katanya. Padahal, yang paling penting adalah pembangunan SDM Indonesia. 

Jika ingin keluar dari ancaman failed stated, ujar Sohibul, Indonesia harus melakukan diversifikasi tujuan negara ekspor. Saat ini, jika Cina mengalami goncangan ekonomi, ekspor Indonesia pun ikut terganggu dan berpengaruh terhadap ekonomi domestik.

Sebelumnya, juru bicara Partai Demokrat, Kastorius Sinaga, mengatakan laju perkembangan ekonomi Indonesia cukup mencemaskan. Di samping itu, daya beli masyarakat terus melemah akibat merosotnya produktivitas masyarakat. “Semua ini mengingatkan kita pada ancaman fenomena ‘failed state’ atau negara gagal,” kata, Jumat (11/9). (ROL)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s