PKS : KPU dan Bawaslu Jangan Tabrak Aturan


image

Sa'aduddin, FPKS DPR RI Komisi II

PKS Cibitung.Com [TM]
KPU dan Bawaslu yang akan menggelar pilkada serentak agar tidak menabrak aturan yang ada terkait dengan pasangan calon.

Permintaan tersebut dinyatakan oleh anggota Komisi II DPR RI Sa’adudin perihal masih adanya persoalan pada tahap pencalonan di daerah-daerah yang dikhawatirkan memiliki calon tunggal.

Anggota DPR ini melihat adanya potensi permasalahan hukum yang diakibatkan oleh kebijakan KPU yang menabrak aturan tahapan pilkada.

Sebagaimana diketahui, untuk menyikapi daerah yang masih memiliki calon tunggal, Bawaslu memberikan rekomendasi kepada KPU yang berisi perpanjangan pendaftaran di daerah yang hanya memiliki calon tunggal.

Rekomendasi Bawaslu itu yang kemudian ditindaklanjuti dengan terbitnya Surat Edaran KPU Nomor 449/KPU/VIII/2015 pada Kamis (6/8) yang memperpanjang atau membuka kembali pendaftaran pasangan calon di empat kabupaten/kota.

Adapun keempat daerah adalah Kabupaten Blitar, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Timor Tengah Utara dan Kota Surabaya.

Sa’adudin menilai rekomendasi Bawaslu itu bermasalah. “Pada dasarnya, Bawaslu hanya boleh mengeluarkan rekomedansi yang terkait dengan dugaan pelanggaran dan sengketa Pilkada saja.” Katanya di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta (8/9).

Pembukaan kembali pendaftaran juga terjadi di Kota Surabaya, setelah salah satu pasang calon, yakni Rasiyo-Dhimam Abror Djuraid, dinyatakan tidak lolos verifikasi data. Akibatnya, hanya terisa pasangan Risma-Wisnu. Kemudian, KPU Surabaya kembali membuka perpanjangan pendaftaran yang berlangsung pada 6 sampai 8 September 2015.

Sa’adudin menilai langkah KPU Surabaya ini berpotensi jadi masalah. “Sama halnya dengan perpanjangan sebelumnya, langkah KPU ini berpotensi untuk digugat secara hukum di kemudian hari.” ungkap anggota DPR asal PKS ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s