KPU dan Bawaslu Diminta Konsisten Terapkan Aturan


       

image

DR.H.Sa'duddin MM

PKSCIBITUNG [SB] – Rapat dengar pendapat Komisi II DPR dengan KPU dan Bawaslu menghasilkan sejumlah kesimpulan terkait laporan akhir tahapan Pilkada serentak tahun 2015 dalam penetapan pasangan calon.

“Komisi II meminta KPU dan Bawaslu konsisten melaksanakan tahapan Pilkada berdasarkan peraturan KPU dan Bawaslu yang telah dibuat oleh mereka sendiri. Jangan sampai ada perlakuan diskriminatif atas penerapan aturan tersebut yang nantinya menimbulkan implikasi hukum dikemudian hari,” kata Saduddin, yang disampaikannya usai rapat dengan kedua lembaga itu di gedung Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (7/9).

Anggota Komisi II ini, mengingatkan berdasarkan keterangan yang disampaikan KPU tentang rincian pasangan calon yang memenuhi syarat ada 789 pasangan calon (paslon). Dimana, paslon yang harus mundur dari jabatannya sesuai ketentuan UU, ada sejumlah 398 calon.

“Kami meminta KPU dan Bawaslu supaya melengkapi data tersebut, termasuk segala proses yang sudah dilakukan untuk menyelesaikan sengketa yang terjadi dari saat pendaftaran hingga penetapan paslon,” ujar mantan Bupati Bekasí ini.

Saad juga menjelaskan kepada kedua institusi penyelenggara Pilkada tersebut, agar semua sengketa Pilkada yang telah diselesaikan dan yang  masih tertunda penyelesaiannya, tidak diselesaikan diluar koridor hukumm

“Data Bawaslu menyebutkan  dari 269 pelaksanaan Pilkada, terdapat 69 kasus sengketa sejak pendaftaran hingga penetapan paslon. Dimana, 20 kasus sengketa sudah diputuskan, 4 kasus dinyatakan gugur dan masih ada 38 kasus dalam proses musyawarah,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s