Bantu Stabilkan Harga, PKS Jakarta Borong Tomat


image

#SavePetaniTomat ala PKS Jakarta

PKS Cibitung.Com [TM]
Perhatian Pemerintah terhadap ketahanan pangan sudah seharusnya dimulai dari hulu hingga ke hilir, produksi hingga penjualan. Saat ini Pemerintah lebih sering membuat pernyataan akan membantu dan sebagainya.

Namun ketika produksi melimpah, Pemerintah kebingungan, harusnya ada solusi, seperti misalnya dengan hadirnya tomat yang berlimpah, seharusnya bekerjasama dengan pabrik saus atau pengusaha restoran dalam menyalurkan hasil panen para petani tomat. Demikian disampaikan Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta yang membidangi Perekonomian Nasrullah, saat ikut membeli tomat yang berasal dari petani di Purbalingga, Jawa Tengah, di Jakarta, Kamis (27/8).

Nasrullah melanjutkan, Pemerintah juga dapat berkoordinasi dengan pemerintah daerah bahkan negara lain. “Ini komiditi yang baik, yang pasarnya luas dan bagus untuk petani kita, sehingga petani lokal bisa sejahtera,” kata Politisi PKS dari daerah pemilihan Jakarta Barat.

Saat ini menurut Nasrullah, permasalahan silih berganti, peternak sapi kurang, sehingga harus import, kemudian ada jeruk melimpah dan jeruknya sampai dipotong-potong sebagai bentuk aksi karena harganya yang terlalu rendah. Begitu juga beras. Pemerintah juga harus berfikir bagaimana melindungi petani dalam kondisi seperti ini.

“Dengan kasus tomat ini, produksi melimpah, sementara di pasaran harga masih tinggi, kenapa di petani harganya menjadi anjlok, sementara di pasar harganya masih tinggi? Dan ini harus ada solusi yang terbaik,” tegas pria yang juga Bendahara Umum DPW PKS DKI Jakarta.

Seharusnya ini juga menjadi kajian bersama, hasil pertanian terutama tomat yang berkualitas seperti ini dibantu untuk dipasarkan dengan harga jual yang wajar, ini yang harusnya dipikirkan oleh Pemerintah.

Adanya tomat yang dibeli oleh kader dan simpatisan PKS Jakarta sekitar dua ton ini, adalah bentuk keprihatinan kepada para petani. Kepedulian ini juga merupakan wujud pelaksanaan gagasan Munas PKS ke-IV yaitu berkhidmat untuk rakyat. “Dengan ini, mudah-mudahan petani merasakan terbantu, dengan banyaknya warga yang membeli tomat, untuk menstabilkan harga tomat di pasaran dan dapat mensejahterakan petani,” tutup Nasrullah. [PKS Jakarta]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s