Kekeringan Masih Berlangsung Aher Ajak Seluruh Warga Jawa Barat Laksanakan Sholat Istisqa


image

Ahmad Heryawan

PKSCIBITUNG [SB] – Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan meminta Bupati/Walikota menggelar salat Istisqa (meminta hujan) bersama. Diharapkan dengan seringnya salat tersebut Jabar bebas kekeringan dan intensitas hujan jadi merata.

“Kita budayakan ditempat lain juga agar Shalat Istisqa. Saya sudah kirim surat himbauan kepada Bupati/Walikota agar melaksanakan Shalat Istisqa juga,” tutur Heryawan, Jumat (14/8/2015).

Aher sapaan akrab Heryawan, Wakil Gubernur Jabar, Deddy Mizwar beserta para pejabat serta ratusan pegawai lainnya di lingkungan Setda Provinsi Jawa Barat kembali menggelar salat Istisqa bersama di halaman Gedung Sate, Kota Bandung selepas salat Jumat.

Hal itu dilakukan lantaran musim kering yang melanda Jabar dan daerah lainnya masih terjadi hingga saat ini. “Mudah-mudahan ces pleng ya, shalatnya. Harus terus-terusan shalatnya,” ujar Heryawan.

Aher mendapatkan informasi jika masih ada 110 lahan pertanian di Jabar dilanda kekeringan. Aher juga akan terus memantau daerah yang mengalami kekeringan.

“Ketika turun hujan insya allah kita akan lakukan penyelesaian dimana saja daerah yang dilanda kekeringan. Kita minta hujan terus menerus. Kalau hujan sekarang besoknya tidak, ya itu tidak maksimal,” ucapnya.

Aher menilai, salat Istisqa tidak masalah dilakukan secara rutin. Ketika zaman nabi juga sering digelar salat Istisqa bersama.

“Mungkin saat ini doa belum belum ‘cespleng’ mungkin ada dosa. Makannya harus digelar terus. Salat juga tidak harus hari Jumat, dan bisa digelar 5-10 orang,” kata orang nomor satu di Jabar ini.

Selain Bupati/Walikota, Aher juga menghimbau Warga Jabar juga bersama-sama melaksanakan salat Istisqa. Hal itu akan mempercepat turunnya hujan sehingga lahan pertanian di Jabar tidak lagi kekeringan.

“Saya sudah menyampaikan seruan itu kepada para ketua MUI di kabupaten/kota, tokoh umat muslim, pimpinan ormas islam, hingga pemerintah kabupaten/kota,” kata dia.

Dia berharap, masyarakat di kabupaten/kota juga melaksanakan bersama-sama. “Kalau memungkinkan hari ini salat istisqa. Tapi kalau tidak memungkinkan bisa besok atau lusa,” ucapnya.

Hujan dibutuhkan untuk membasahi tanaman. Khususnya padi. Hingga saat ini, Jabar menjadi lumbung beras nasional. Dengan begitu tanaman padi harus senantiasa dijaga dengan baik.

“Padi sangat membutuhkan air agar bisa tumbuh dengan baik. “Kalau padi itu mengapa air itu banyak diperlukan? Karena dia termasuk jenis tanaman air atau tanaman basah. Kalau yang lain, katakanlah hujan seminggu dua kali, bagi tanaman kebun itu cukup,” ucapnya.

Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar, juga berharap masyarakat Jawa Barat kompak melakukan Salat Istisqa. “Masyarakat diharapkan berpartisipasi beristisqa. Karena ini dicontohkan Rasul. Yang dicontohkan Rasul pasti benar,” tuturnya.

Ia meyakini dalam waktu dekat hujan akan segera turun agar lahan pertanian kembali normal usai masyarakat melaksanakan Salat Istisqa. “Mudah-mudahan akan ada pertolongan dari Allah. Insya Allah bisa diatasi,” tandas Deddy. (Inilah)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s