Suksesi Sunyi PKS


image

Presiden PKS yang baru terpilih, Muhammad Sohibul Iman (kanan) bersama Sekretaris Jenderal PKS, Taufok Ridlo (kiri) Foto : viva.co.id

PKS Cibitung.Com [TM]
Partai Keadilan Sejahtera (PKS) merombak kepemimpinan tanpa hajatan atau rapat besar-besaran. Saat publik dan media massa lebih berkutat pada isu-isu lain, partai ini sudah mengganti pimpinan di dua pos tertinggi. Salim Segaf Aljufri didaulat sebagai Ketua Majelis Syura dan Sohibul Iman didapuk menjadi Presiden.

Salim dan Sohibul ditetapkan secara mufakat dalam forum Musyawarah Majelis Syura PKS di Bandung, Jawa Barat, pada 10 Agustus 2015. Forum itu hanya diikuti 69 orang terpilih yang merupakan anggota Majelis Syura PKS dari 34 provinsi.

Pergantian atau suksesi kepemimpinan partai yang dahulu bernama Partai Keadilan itu relatif sunyi atau nyaris tanpa ingar-bingar. Hampir tak ada pernyataan politik dari para kandidat, sebagaimana terjadi pada sejumlah partai politik. Proses musyawarah atau rapat majelis itu pun tertutup. Hanya hasilnya yang diumumkan kepada media massa pada Senin, 10 Agustus 2015.

Perdebatan cukup liat hanya terjadi manakala anggota Majelis harus menyeleksi tiga nama dari 29 calon yang memenuhi kriteria sebagai Ketua. Muncul tiga nama pada akhirnya, yakni Salim Segaf Aljufri, Hidayat Nur Wahid, dan Hilmi Aminuddin. Nama yang disebut terakhir adalah petahana Ketua Majelis Syura PKS.

Hilmi Aminuddin menolak menjabat lagi. Majelis pun menyepakati memilih Salim Segaf sebagai Ketua Majelis Syura dan Hidayat Nur Wahid sebagai wakilnya.

Pimpinan Majelis Syura lalu memilih pimpinan eksekutif. Sohibul Iman ditunjuk sebagai Presiden Dewan Pimpinan Pusat Partai menggantikan Anis Matta. Suharna Surapranata sebagai Ketua Majelis Pertimbangan, Surahman Hidayat sebagai Ketua Dewan Syariah, Taufik Ridlo sebagai Sekretaris Jenderal, Mahfudz Abdurrahman sebagai Bendahara Umum, dan Untung Wahono sebagai Sekretaris Syura. [Viva]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s