Pengamat : Duet Habib Salim – Sohibul Iman Dianggap Mampu Pulihkan Citra Partai


image

Ketua Majelis Syuro PKS, Habib Salim Segaf Al Djufrie (kiri) didampingi Jubir PKS, Mardani Ali Sera (tengah) dan Presiden PKS yang baru saja terpilih, Muhammad Sohibul Iman (kanan) Foto : @pksejahtera

PKS Cibitung.Com [TM]
Pengamat politik pada Universitas Indonesia, Yon Machmudi, mengatakan PKS berupaya memunculkan figur baru yang dikenal bersih dan dapat diterima semua kader. Salim Segaf Aljufri dan Sohibul Iman dianggap dapat memulihkan citra PKS, sedikitnya sepanjang lima tahun mendatang.

Dia berargumentasi, Salim Segaf adalah sosok senior di tubuh PKS. Meski selama ini terkesan kurang menonjol, sebenarnya Salim mewakili kelompok signifikan di partai itu.

“Dia adalah senior dalam pembentukan partai sejak Partai Keadilan, hanya tidak sekuat seperti figur ustaz Hilmi (Aminudin) dan Pak Anis (Matta). Dari segi senioritas, posisi beliau diperhitungkan dan bisa mewakili kelompok yang lebih signifikan,” ujarnya.

Begitu pun Sohibul Iman yang menggantikan Anis Matta dinilai tidak memiliki persoalan di internal maupun eksternal.

“Sosok seperti ini sangat dibutuhkan untuk mengembalikan jati diri PKS seperti awal pendirian. Karena seperti kita lihat, akhir-akhir ini kurang menguntungkan,” ujarnya.

Yon meyakini, Salim Segaf dan Sohibul Iman dapat menggairahkan kembali dinamika partai menjadi lebih baik. Meski selama ini dua figur itu relatif kurang terekspos ketokohannya, sebenarnya mewakili kelompok mayoritas.

“Selama ini diam atau silent majority (kelompok mayoritas yang tak banyak dipublikasikan media massa). Ketika mereka berada di pucuk pimpinan, akan ada perubahan signifikan yang mewarnai wajah PKS,” ujarnya.

Namun, secara keseluruhan Yon mengamati bahwa dalam komposisi pengurus pusat itu dipertahankan keseimbangannya. Misalnya, posisi Bendahara Umum dan Sekretaris Jenderal dipertahankan. Itu dapat dibaca sebagai bagian dari mempertahankan kesinambungan dari kepengurusan sebelumnya ke kepemimpinan baru.

Analisis itu didukung pernyataan Sohibul Iman yang memastikan tidak merombak susunan pimpinan lembaga DPR, MPR maupun Fraksi dalam waktu dekat. Kalau pun ada perombakan, kebijakan itu akan diputuskan dalam Musyawarah Nasional PKS pada Oktober 2015. [viva]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s