Anis Matta : Islam Berperan Dalam Pembentukan Nasionalisme Indonesia


image

Presiden PKS, Anis Matta

PKS Cibitung.Com [TM]
Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Anis Matta menegaskan peran Islam dalam proses pembentukan nasionalisme Indonesia. Hal ini terungkap melalui ‘kicauannya’ melalui akun twitter pribadinya, @anismatta pada Sabtu (8/8) malam.

“Dlm proses pembentukan nasionalisme Indonesia, Islam berperan menjd katalis: menyediakan jaringan dan kesamaan identitas..” tulisnya.

Anis melanjutkan tesisnya bahwa saudagar muslim yang sudah saling membangun jaringan bisnis untuk kemudian berkembang menjadi jaringan politiklah yang menjadi aktivis pergerakan nasional saat itu.

“Sebagian aktivis pergerakan nasional adlh saudagar muslim yg sudah saling membangun network bisnis; yg berkembang jadi network politik..” kicaunya melanjutkan.

Anispun meyakini bahwa NU dan Muhammadiyah merupakan salah satu laboratorium kepemimpinan sosial diberbagai tingkatan, mengingat usia kedua organisasi ini lebih tua dari usia negara ini. Keduanya juga “pemasok” pemimpin negara ini.

Di akhir kicauannnya, Anis mengucapkan selamat kepada Haedar Nashir dan Said Agil sebagai Ketua Muhammadiyah dan NU yang baru saja terpilih pada muktamarnya masing-masing.

“Selamat bekerja untuk Ustad Haedar dan Kyai Said Aqil..” tutupnya mengakhiri kultweet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s