Taubat Adalah Akar Perbaikan Diri Dan Masyarakat


image

Ahmad Zainuddin saat menjadi khatib Idul Fitri di Masjid Darul Arqam, Kelurahan Malaka Jaya, Duren Sawit, Jakarta Timur, Jumat (17/7/2015)

PKS Cibitung.Com [TM]
Bangsa ini tengah menghadapi berbagai macam ujian dan krisis multidimensi. Perlu kekuatan dan kesabaran untuk melakukan perbaikan menuju pada kebangkitan. Di dalam Islam, konsep perbaikan diri dan masyarakat untuk menuju pada kebangkitan berawal dari kesadaran untuk bertaubat kepada Allah.

“Kembali kepada Allah, bertaubat kepada Allah tumbuh dari jiwa yang insyaf, sadar akan kekeliruannya dan bertekad akan memperbaiki dirinya. Perasaan insyaf ini penting, karena dia lah yang akan membawa pemiliknya berupaya memperbaiki diri, ke arah yang lebih baik, sampai mendapatkan ridha-Nya Allah Tabaraka wa ta’ala,” ujar Ahmad Zainuddin. 

Hal itu disampaikan Ketua Bidang Pengembangan Umat (BPU) DPP PKS, Ahmad Zainuddin saat menjadi khatib Idul Fitri di Masjid Darul Arqam, Kelurahan Malaka Jaya, Duren Sawit, Jakarta Timur, Jumat (17/7/2015).  Lebih dari 1000 jamaah kaum muslimin memadati lapangan di halaman masjid tersebut untuk mengikuti Salat Id berjamaah. 

Lebih lanjut Zainuddin mengatakan, perlu ada satu jeda dalam kehidupan yaitu melakukan muhasabah, introspeksi diri, melihat sendiri ke dalam diri. Muhasabah membuat pelakunya melihat kekurangan, melihat aib dirinya, sekaligus melihat kelebihannya. Muhasabah untuk mengetahui perbuatan mana yang sudah ditunaikan dan perbuatan mana yang belum diselesaikan. 

“Muhasabah membuat pelakunya melihat kekurangan, melihat aib dirinya, sekaligus melihat kelebihannya. Dan ketika kita melihat kekurangan kita, di sinilah saatnya untuk meminta ampun kepada Allah. Dan saat inilah kita melihat kemanusiaan kita,” jelas anggota Komisi bidang luar negeri DPR ini. 

Perbaikan diri, lanjut Zainuddin, adalah awal perbaikan yang lainnya. Perbaikan diri akan menyebabkan perbaikan keluarga. Karena keluarga merupakan himpunan kekerabatan yang terdiri dari beberapa pribadi. Kalau pribadi-pribadi yang berkumpul adalah orang-orang yang baik, maka keluarga itu pun akan baik. Begitu seterusnya hingga sampai pada ikatan yang lebih besar, yaitu masyarakat, bangsa dan negara. [FPKSDPRRI]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s