Aher Tuturkan Kiat Atasi Kemacetan Arus Mudik


image

Ahmad Heryawan Gubernur Jawa Barat

PKSCIBITUNG [SB] – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan, setiap tahunnya, mudik Lebaran selalu ada cerita dan hal baru yang mungkin mengesankan. Hal itu adalah kemacetan, angka kecelakaan atau bencana alam di titik jalur mudik di Jawa Barat.

“Selalu ada hal baru, inovasi baru di setiap mudik tiba. Berbeda-beda ya suasananya. Alhamdulillah sampai sekarang mudik masih terbilang lancar,” kata Aher di Bandung, Minggu, (12/7/2015).

Hal mengesankan ketika awal-awal jadi gubernur, kata dia, yakni pada tahun 2008. Saat itu, dia dibuat pusing dengan arus mudik di kawasan jalur Selatan atau Nagreg.

“Saya masih ingat, dulu tahun 2008, Nagreg masih menjadi masalah besar. Nagreg selesai setelah dibuat dua jalur,” kata Aher.

Kemudian, setelah Nagreg selesai, persoalan terjadi ke jalan berikutnya (masih di kawasan jalur selatan). “Kemudian, ke Leles, Limbangan, Gentong,” katanya.

Pada 2014 tahun lalu, pihaknya disibukkan dengan Simpang Jomin, Purwakarta, Jawa Barat. “Simpang paling padat di antara jalur mudik di Indonesia, mungkin paling padat di dunia ya, karena bicara mudik ini memang paling hebat di Indonesia,” katanya.

Pada 2015 ini, Presiden Joko Widodo meresmikan tol Cipali, tol terpanjang di Indonesia. Di tol ini dilaporkan banyak memakan korban karena human error. Namun demikian, jalan tol terpanjang di Indonesia ini diyakini bisa mengurai kemacetan yang sangat besar.

“Sekarang, ada Cipali. Ini akan memecah kemacetan dengan signifikan. Oleh karena itu, karena sudah ada tol Cipali, Insya Allah tahun ini lebih lancar dibandingkan tahun sebelumnya,” ujarnya.

Kemudian, lanjut dia, hal baru masih akan terjadi pada tahun 2017 nanti. Pada tahun itu tol Cisumdawu akan diresmikan dan mulai bisa digunakan. Arus mudik pun diyakini semakin lancar.

“Kalau Cisumdawu sudah jadi atau sudah diresmikan, kemacetan akan lebih terurai lagi. Tentu, setiap tahun, mudik ini selalu ada hal baru kan,” ujarnya. (Kompas)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s