PKS : Agama Kompatibel dengan Peradaban


image

M.Sohibul Iman, FPKS DPR RI

PKS Cibitung.Com [TM]
Sejatinya, agama kaya akan sumber inspirasi. Tapi sayang hal itu tidak digunakan oleh manusia untuk membangun peradaban. 

Begitu kata Anggota Fraksi PKS Mohamad Sohibul Iman di hadapan sekitar 300 peserta seminar nasional yang diselenggarakan Fraksi PKS untuk MPR RI bekerjama dengan MUI Kota Depok di Ruang Yudhistira 2 Hotel Santika, Jalan Margonda, Jumat (10/7) sore.

Dalam seminar bertajuk “Peran Masyarakat Agama dalam Menjaga Kebhinnekaan dan Kedaulatan NKRI”, Sohibul mengawali pembicaraannya dengan sebuah cerita saat dia kedatangan tamu wakil Dubes Jepang di kantornya beberapa waktu silam. Waktu itu, kala Sohibul, Wakil Dubes Jepang mengajukan sebuah pertanyaan kepadanya. 

“Apa yang Anda gambarkan, Anda cita-citakan dengan Indonesia di masa akan datang?”ujar Sohibul menirukan pertanyaan wakil Dubes Jepang itu.

Mendapat pertanyaan itu, Sohibul menjawab: “Saya ingin melihat Indonesia seperti negara Anda, tapi Indonesia yang beragama, Indonesia yang religius.” Wakil dubes itu kaget, dia tidak percaya kalau peradaban dan religius bisa digabung.

Di Jepang tidak beragama, tapi peradabannya luar biasa. Karena tak beragama, kasus bunuh diri tiap tahunnya mencapai 20.000 orang. Penyebabnya kadang sepele. Menurut Sohibul, ada kasus bunuh karena tidak mengerjakan pekerjaan rumah. Jadi, harga dirinya sangat tinggi.

“Ini tantangan buat kita, karena menurut mereka agama itu tidak kompatibel dengan peradaban,” ujar Sohibul Iman.

Maka, menurut Sohibul, jika Indonesia yakin agama merupakan sumber dalam membangun akhlak, maka keraguan wakil Dubes Jepang itu akan bisa terjawab. Dalam mewujudkan hal itu, setidaknya ada tiga hal yang harus dimiliki, yaitu: rasa untuk memiliki, rasa kebersamaan, dan saling percaya di antara sesama anak bangsa. [ian/Rmol]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s