Aher : Pemprov Jabar Terus Upayakan Gratiskan Sekolah Hingga Tingkat SMA


Pks-cibitung.com [mb] GARUT –  Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan bertemu warga di Desa Mandalakasih, Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Sabtu (27/6/2015).

Pada agenda Ngamumule Lembur (GNL) itu, Aher banyak bercerita dan memberikan pengarahan kepada para camat dan kepala desa di wilayah tersebut.

Selain pendidikan, Aher pun bercerita tetang pentingnya kesehatan, termasuk di desa pesisir. Menurutnya, tidak ada halangan untuk mencapai pendidikan. Dia bercerita tentang dirinya semasa kecil, dimana 12 tahun dirinya tak pernah absen melewati Pematang sawah ke sekolah.

“Dulu saya nyeker (tanpa alas kaki) ke sekolah. Kelas V SD baru pakai sepatu. Itulah pentingnya pendidikan, dari desa dan nyeker, tetap bisa jadi gubernur ya,” seloroh Aher.

Dia mengatakan, sejak SD hingga SMA dirinya harus menempuh setengah kilometer untuk sampai ke sekolah. Hal itu pulalah yang membuat dirinya akrab dengan alam.

“Setiap hari saya melewati sawah, tapi di sekolah tidak pernah diajarkan Cinta kepada sawah,” kata Aher.

Pengalaman dirinya diharapkan bisa menjadi motivasi bagi masyarakat, betapa pentingnya sekolah. Orangtua silahkan bawa anaknya ke sawah, tapi tidak melupakan sekolah.

“Boleh ke laut tapi tidak berhenti sekolah. Saya minta kepala desa memetakan, menelisik serta mengajak warganya bersekolah,” tuturnya.

Saat ini hampir 250 ribu siswa putus sekolah setiap tahunnya dari tingkat SD hingga SMP. Dari SD ke SMP berkurang 100 ribu orang. Dari SMP ada 680 ribu yang ujian. Tapi yang masuk ke SMA-nya kurang 150 ribu. Kalkulasinya dari SD sampai SMA ada 250 ribu warga yang putus sekolah.

Pemprov Jabar pun terus berupaya menggratiskan sekolah hingga tingkat SMA. Pemprov pun terus membangun ruang kelas baru.

“Pendidikan itu aset untuk menyongsong masa depan yang berdaya saing. Pokoknya warga Jabar harus sekolah,” tegasnya.[Mbah/fokusjabar]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s