Pilkada Serentak, Majelis Syuro Tunda Penetapan Kepengurusan PKS


image

Presiden PKS, Anis Matta

PKS-Cibitung.Com [TM]
Anis Matta, Presiden Partai Keadilan Sejahtera mengatakan bahwa proses pergantian dan penetapan kepengurusan di PKS rencananya akan diselesaikan setelah penyelenggaraan pilkada serentak pada Desember mendatang. Rencana tersebut mengalami pemunduran dari rencana awal yang akan melaku pergantian dan penetapan kepengurusan PKS pada akhir Juli sampai Agustus mendatang.

Menurut Anis, PKS saat ini sedang fokus dalam persiapan menghadapi pilkada serentak. Pilkada yang akan degelar pada Desember mendatang bertepatan dengan berakhirnya kepengurusan PKS periode 2010 -2015. “Kita baru ini setelah urus pilkada selesai karena (ada) pekerjaan administrasi,” ujar Anis seperti dikutip kompas pada Kamis (25/06).

Musyawarah Majelis Syura PKS lah yang akan melakukan pergantian dan penetapan kepengurusan PKS. Sumanjaya, Ketua Badan Penyelenggara Pemilihan Raya PKS menyatakan bahwa saat ini sudah ada 66 orang anggota Majelis Syura terpilih periode 2015-2020.

Jumlah anggota Majelis Syura tersebut adalah jumlah minimal yang terdapat dalam AD ART PKS. Jumlah tersebut akan bertambah dengan kehadiran anggota tetap yaitu kader PKS yang pernah menjadi Ketua Majelis Syura. Sementara itu batas maksimal anggota Majelis Syura PKS adalah 99 orang.

Majelis Syura akan melakukan musyawarah untuk menetepkan Ketua Majelis Pertimbangan Pusat, Ketua Dewan Syariah Pusat, Presiden PKS, Sekretaris Jenderal, dan Bendahara Umum. Kelima nama pimpinan PKS terpilih tersebut nantinya akan langsung menjadi Dewan Pimpinan Tingkat Pusat (DPTP) PKS.

Sementara itu proses untuk memilih anggota Majelis Syura sudah dimulai melalui Pemilihan Raya PKS sejak Desember 2014. Badan Penyelenggara Pemilihan Raya PKS melakukan tabulasi data anggota, melakukan verifikasi, serta melakukan penjaringan dan penyaringan.

Untuk menjadi anggota Majelis Syura PKS, calon anggota harus memenuhi syarat antara lain merupakan anggota ahli yang sekurang kurang nya sudah menjadi kader selama 7 tahun, dan pernah menjadi pengurus PKS di tingkat provinsi. Hasil musyawarah anggota Majelis Syura nantinya akan disampaikan pada Musyawarah Nasional PKS. [mks/kompas]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s