Zuhud Ramadhan


image

Oleh : Fenty Thahir

Al-Imam Malik Rahimahullah pernah menangis ketika hendak berbuka puasa. Ketika ditanya oleh muridnya kenapa dia menangis?

Imam Malik menjawab: “Aku sedih melihat makanan yang banyak ini, karena teringat Rasulullah SAW.
Baginda berbuka dengan makanan yang sedikit tetapi ibadahnya banyak. Sedangkan aku, berbuka dengan makanan yang banyak tetapi ibadahku sedikit”

Membaca kisah di atas membuat diri terdiam. Diam dengan kezuhudan Sang Uswah Hasanah, diam dengan ibadah beliau yang luarbiasa. Seharusnya kita sebagai pribadi- pribadi muslim yang masih diberikan kesempatan olehNya dapat mencontoh keelokan pribadi beliau.

Ramadhan ini jadikanlah tombak untuk kita perbaiki diri, untuk kita intropeksi diri. Ramadhan bukan ajang untuk tunjukkan kitalah terhebat dalam urusan dunia. Baju baru, rumah baru, kendaraan baru. Bukan hanya sekedar itu. Tetapi ramadhan tahun ini jadikanlah bulan tarbiyah untuk kita bertaubat perbaiki diri ke arah yang lebih baik lagi. Walau terkadang tak mudah untuk kita menjalaninya, namun percayalah ada Dia yang selalu siap menjawab tanya dan doa-doa kita. Walau kadang dinding kemalasan selalu menghampiri, namun dinding motivasi tak lelah menemani.

Saat ini adalah waktu yang tepat tuk kita semua bersama saling menguatkan, saling mengingatkan dan saling berangkulan dalam indahnya bingkai ukhuwah. Sebab tiada yang lebih indah kita lakukan selain bersama. Berbagi bersama mereka yang butuh uluran tangan kita, dan kita pun telah diingatkan dengan keberadaan mereka orang-orang yang mungkin hidupnya tidak lebih baik dari kita. Mari sama-sama mengisi kembali ruang yang pernah kosong di ramadhan tahun ini. (SB)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s