Irman Pertanyakan Kredibilitas KPU


image

FGD FPKS DPR RI

PKS-Cibitung.Com [TM]
Pakar Hukum Tata Negara, Irman Putrasiddin mempertanyakan sikap yang diambil Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam menghadapai dualisme kepengurusan parpol, yang terkesan tidak mengakomodir untuk ikut dalam Pilkada serentak tahun 2015.

“Sikap KPU yang mengakui kepengurusan parpol atas keputusan incraht menimbulkan persepsi negatif terhadap lembaga ini,” kata Irman, yang disampaikannya sebagai salah satu narasumber dalam Forum Diskusi Grup (FGD) yang diselengarakan FPKS DPR RI, komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (17/06).

Menurutnya, KPU sebagai lembaga penyelenggara yang merepresentasikan alat negara seharusnya mengambil sikap mempermudah setiap warga negara menggunakan hak politiknya dalam proses demokrasi, tidak terkecuali parpol.

“Parpol sebagai pemilik eksklusif demokrasi, tidak bisa dinafikan keikutsertaannya dalam Pemilu dan Pilkada. Tentang pengurus parpol yang mana yang berhak ikut, seharusnya KPU sudah bisa menggunakan vonis pengadilan sebagai landasan hukum,” papar guru besar Hukum Tatanegara ini.

Irman menghargai upaya yang dilakukan oleh KPU untuk bersikap hati-hati dalam mengambil keputusan, tapi jangan sampai menimbulkan ketidakjelasan dalam pelaksanaan Pilkada nantinya.

“Sikap hati-hati perlu tapi jangan sampai menimbulkan ketidakjelasan. Jangan sampai KPU bersikap given (penerima) kebijakan UU tetapi malah menafsirkan sendiri UU menurut versinya,” kutipnya.

Ia mempersilakan kepada DPR untuk melakukan revisi UU Pilkada, terutama terkait dengan UU Parpol tentang pengesahan kepengurusan. Lanjutnya, jangan lagi diserahkan kepada Menkumham, tetapi disarankan kepada lembaga independen, semisal KPU.

“Ke depannya terkait kepengurusan parpol, pengesahannya diserahkan ke lembaga yang lebih independen. Saya usulkan di KPU saja. Karena eksekutif dapat mengintervensi parpol. Kondisi saat ini jangan sampai terulang kembali,” tutupnya.[Rilis]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s