Tekan Gejolak Harga, Sumut Gelar Operasi Pasar


p1

pks.cibitung.com [ito] MEDAN (15/6) – Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Sumatera Utara mulai Senin, 15 Juni 2015 melakukan operasi pasar untuk menekan harga kebutuhan pokok seperti beras, gula, dan cabai merah jelang bulan Ramadhan.

“Seperti pernyataan dan instruksi Presiden Joko Widodo, operasi pasar dilakukan untuk menekan harga berbagai barang kebutuhan yang naik di pasar mendekati puasa Ramadhan,” ujar Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Gatot Pujo Nugroho di Medan, Senin (15/6).

Gubernur didampingi Kepala Perum Bulog Sumut, Fasika Khaerul Zaman dan Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sumut, Difi A Johansyah mengungkapkan hal tersebut usai melakukan teleconference peluncuran Operasi Pasar dan Pasar Murah di seluruh Indonesia oleh Presiden Joko Widodo di Gudang Bulog Pulo Brayan Darat III/Jemadi. Pada saat yang bersamaan Presiden juga melakukan teleconference di Sulawesi Selatan, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Timur, Sumatera Selatan, dan Jawa Barat.

Menurut Gatot, selain melakukan operasi pasar, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut juga menggelar pasar murah dan terus melakukan pemantauan harga di pasar. Pemprov Sumut juga sudah melakukan kerja sama dengan pihak kepolisian untuk menindak tegas distributor, pedagang, dan oknum lainnya yang melakukan permainan harga atau barang.

“Akan ada tindakan tegas bagi pelaku yang mempermainkan harga. Pemerintah tidak mentolerir tindakan nakal terhadap barang kebutuhan,” lanjut Gatot.

Apalagi, pada kenyataannya, stok barang kebutuhan bahan pangan di Sumut cukup aman hingga Idul Fitri.

Pada acara video conference dengan Presiden Jokowi yang sedang berada di Jawa Barat,  Kepala Perum Bulog Sumut, Fasika Khaerul Zaman melaporkan Pemprov Sumut bekerja sama dengan pihak terkait termasuk BUMN seperti PT Perusahaan Perdagangan Indonesia sudah menyiapkan stok untuk menunjang operasi pasar beras, gula, dan cabai merah.

Fasika Khaerul menjelaskan, pada operasi pasar hari pertama digelontorkan masing-masing beras premium sebanyak 5 ton, gula pasir 5 ton, dan cabai merah 250 kg.  Harga beras operasi pasar dijual Rp8.300,- per kg dari harga di pasar yang paling murah Rp10.000,- per kg. Sementara harga gula operasi pasar Rp9.300,- per kg dari harga di pasar Rp13.500,- per kg.  Adapun harga cabai merah segar Rp25.000,- per kg dari harga di pasar  Rp50.000,- per kg.

“Operasi pasar akan dilanjutkan apabila gejolak harga di luar kewajaran masih terus berlangsung,” pungkasnya.

sumber ; pks.or.id

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s