Pemerintah Harus Jamin Beras Palsu Tidak Masuk ke Indonesia


image

Anggota Komisi IV DPR RI, Hermanto

PKSCIBITUNG [SB] – Anggota Komisi IV DPR RI, Hermanto mendesak Pemerintah agar menjamin, beras palsu yang diproduksi di Tiongkok tidak masuk ke Indonesia.

“Jaminan pemerintah ini penting untuk menenteramkan masyarakat yang resah karena isu beras palsu ini,” kata Hermanto, di Jakarta, Jumat (15/5).

Hermanto menyebutkan, kalangan masyarakat yang resah telah meminta klarifikasi tentang hal ini. Menurutnya, masyarakat butuh penjelasan dan langkah kongkrit pemerintah dalam mengantisipasi isu ini. “Jaminan pemeirntah tidak cukup diberikan dalam bentuk pernyataan. Tapi juga harus menunjukkan langkah-langkah kongkrit guna mencegah masuknya beras palsu ini ke Indonesia,” ujarnya.

Menurutnya, ada dua cara agar beras palsu bisa masuk ke Indonesia. Yakni, melalui impor beras atau pasar gelap. “Dengan tidak melakukan impor beras, berarti secara tidak langsung telah menutup pintu legal bagi masuknya beras palsu itu ke Indonesia,” jelasnya.

Lebih jauh ia mendorong pemerintah agar menggunakan berbagai cara untuk menyerap beras atau gabah hasil petani untuk  mencukupi stok beras nasional. “Substansi dari UU Pangan adalah kedaulatan pangan. Kedaulatan pangan itu berarti kita mengkonsumsi apa yang kita produksi,” pungkas legislator yang terlibat dalam pembahasan UU Pangan ini.

Diketahui, beras palsu tersebut terbuat dari bahan campuran kentang, ubi jalar, dan resin sintetis industri alias plastik. Sejumlah negara sedang dihebohkan oleh beras palsu ini. Kini penjualan beras tersebut sudah menjalar ke berbagai tempat di India. Penjualan beras ini tidak bisa diprediksi karena bercampur dengan beras normal. (FraksiPKS)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s