HNW : Lomba Karikatur Nabi SAW Intoleran dan Nodai Agama


image

Hidayat Nur Wahid, Wakil Ketua MPR RI

PKS-Cibitung.Com [TM]
Politikus Partai Keadilan Sejahtera, Hidayat Nur Wahid mengkritik keras lomba karikatur Nabi Muhammad SAW yang digelar organisasi kebebasan berbicara, American Freedom Defense Initiative (AFDI) di Texas, Amerika Serikat. Hidayat mengatakan, lomba tersebut adalah bentuk tindakan intoleran yang seharusnya tidak dilakukan oleh masyarakat Amerika, yang selama ini sangat menyuarakan toleransi, multikulturalisme, dan kehidupan beragama yang damai.

“Karena itu jelas sangat menodai agama, dan tokoh-tokoh agama, sangat tidak toleran terhadap umat Islam yang jumlahnya lebih dari satu miliar orang di seluruh dunia, itu menteror kenyamanan pemahaman umat Islam terhadap nabi mereka,” kata Hidayat di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (5/5).

Hidayat mengatakan, secara prinsip, jika memang sekelompok masyarakat ingin memberantas radikalisme, seharusnya mereka tidak melakukan tindakan-tindakan yang justru malah memancing orang untuk malah menjadi radikal karena marah atas perilaku mereka yang tidak masuk akal. Menurutnya, lomba tersebut bukanlah cara yang efektif untuk menghadirkan moderasi dan untuk memberantas radikalisme.

“Karena anda secara radikal justru melakukan tindakan teror terhadap orang lain,” ujarnya.

“Jadi kita di dunia ini harus saling menjaga lah. Saling toleran dengan sebenar-benarnya. Kalau anda tahu di agama saya tidak diperbolehkan menggambar Nabi Muhammad SAW, jangan dong kemudian anda justru malah membuat lomba karikatur nabi, itu kan sangat melecehkan keyakinan umat agama islam,” kata Hidayat lagi.

Ia pun mengapresiasi langkah kepolisian setempat yang pada akhirnya membubarkan acara tersebut meski terlanjur menyebabkan korban. “Meski sudah menghadirkan korban, beberapa orang yang ditembak mati, dan padahal kegiatan itu sendiri sudah ada kejelasan. Kan beragam kegiatan serupa sebelumnya dan menghadirkan tindakan anarkis. Harusnya kan tidak dilanjutkan lagi,” ujarnya. [ROL]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s