Agustus 2015, Commuter Line Ujicoba Sampai Stasiun Tambun


image

PKSCIBITUNG [SB] – PT. KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) berencana mengoperasikan ujicoba Kereta Api Listrik (KRL) Commuter Line pada Agustus 2015 hingga sampai Stasiun Tambun.

Dilansir dari Koran Sindo, Saat ini KRL Commuter Line hanya beroperasi dari Jakarta hingga Stasiun Bekasi. Kepala Stasiun Bekasi Rohman mengatakan, alasan pengoperasian KRL hingga Tambun karena jumlah penumpang di stasiun tersebut cukup banyak. Setiap pagi rata-rata penumpang dari Stasiun Tambun mencapai 1.400 – 2000 orang. 

Selama ini mereka menggunakan kereta api diesel (KRD) untuk memenuhi kebutuhan perjalanan. Sebenarnya infrastruktur KRL Commuter Line sedianya hingga Cikampek. Namun untuk sementara, infrastruktur yang sudah bisa digunakan hanya sampai Stasiun Tambun. ”Pembangunan infrastruktur hingga Cikampek sangat lama,” katanya kemarin. 

Untuk bisa masuk hingga Cikampek, pembangunan double-double track (DDT) harus diselesaikan terlebih dahulu. Pembangunan DDT diprediksi baru selesai pada 2018 mendatang. Padahal, kebutuhan masyarakat akan keberadaan KRL Commuter Line sudah sangat mendesak. ”Jadi Commuter Line harus secepatnya beroperasi,” ungkapnya. 

Jika KRL sudah bisa beroperasi sampai ke Stasiun Tambun, diyakini bisa mengurangi kepadatan penumpang di Stasiun Bekasi. Saat ini jumlah penumpang KRL di Stasiun Bekasi terus meningkat. Setiap hari sedikitnya 30.000 orang menggunakan KRL Commuter Line. Pertambahan jumlah penumpang menjadi bukti bahwa KRL menjadi andalan masyarakat Bekasi. 

Sebelumnya, jumlah penumpang 20.000-22.000 per hari. Penumpang di Stasiun Bekasi tercatat ketiga terbanyak, dari sebelumnya di urutan kelima. Jumlah penumpang terbanyak yakni Stasiun Bogor, disusul Stasiun Tanah Abang. ”Dulu di bawah Depok dan Jakarta Kota,” paparnya. 

Sementara untuk pengoperasian KRL Commuter Line hingga Stasiun Cikarang ditargetkan pada tahun 2017 mendatang, saat ini Stasiun Cikarang sedang direvitalisasi agar lebih modern dan siap menjadi terminal KRL Commuter Line. (Urbancikarang)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s