Lajengkeun Kang AHER!, Bangun Jawa Barat



[pks-cibitung.com] Bagi anda warga Jawa Barat mungkin tidak akan kebingungan dengan makna judul diatas, karena kalimat tersebut diambil dari bahasa asli Provinsi Jabar yaitu bahasa Sunda dan memang sebaiknya anda memahami maksudnya.

Tapi baiklah, karena sebagian anda adalah sebagai warga pendatang di Jabar, maka patut juga kami sampaikan maknanya, Lajengkeun=Lanjutkan, Kang=pangilan untuk orang yang lebih tua/dituakan, AHER=Ahmad Heryawan. Tentu saja yang terakhir itu bukan dari bahasa sunda, tapi panggilan akrab untuk Gubernur Jabar.

Tentu saja, postingan kali tidak sedang membahas pelajaran bahasa sunda, tapi kami ingin mengangkat tentang program dari Gubernur Jabar yang memberikan dana Pembangungan sebesar 1 Milyar untuk Desa Mandiri, seperti berita dibawah ini. Program ini sangat baik karena Desa diberikan kewenangan penuh penggunaannya untuk infrastruktur. Semoga saja program yang sangat penting untuk pembangunan ini bisa berjalan dengan baik dan dengan pengawasan melekat dari masyarakat desa. LAJENGKEUN KANG AHER!!!

By: DP

Sindangwangi Ciamis Raih Dana Desa Peradaban Rp1 M


INILAH.COM, Ciamis – Pemprov Jabar mengucurkan berbagai bantuan terhadap desa-desa yang ada di daerah, salah satunya Desa Sindangwangi Kecamatan Padaherang, Ciamis yang menjadi sasaran penerima bantuan sebesar Rp1 miliar.

Bantuan tersebut merupakan program Desa Mandiri dalam perwujudan Desa Peradaban yang bisa memberikan harapan masa depan. Di antaranya, desa bisa memiliki infrastruktur yang memadai serta perekonomian yang mampu membawa masyarakatnya lebih sejahtera. Pasalnya, selain sarana dan prasarana ada juga sektor ekonomi kerakyatan yang terus digenjot.

Kepala Desa Sindangwangi Kecamatan Padaherang Darmedi mengatakan kucuran dana sebesar Rp1 milar yang turun dari program Desa Peradaban bakal diperuntukan pembangunan fisik.

“Dana bantuan ini akan kami peruntukan untuk wilayah yang belum sepenuhnya tersentuh perbaikan secara permanen dengan dana ini banguan tersebut akan dibuat menjadi permanen, misalnya Infrastruktur jalan, musala, aula desa, dan warung desa. Begitu juga akan membuat produksi kompos untuk pertanian,” paparnya kepada INILAH.COM, Jumat (31/8/2012).

“Desa kami menerima dana tersebut, Kamis (16/8/2012) lalu. Sedangkan pihak desa, membuat skala prioritas pembangunan. Dan hal tersebut harus sesuai dengan juklak-juknis yang dibuat oleh Provinsi Jawa Barat. Kita hanya melaksanakan, tapi tidak ke luar dari aturan yang sudah digariskan. Padahal, keinginan semua pembangunan yang ada kaitannya dengan desa dapat dilaksanakan,” cetusnya.

Kendati demikian, Darmedi menambahkan program ini memberikan keleluasaan kepada pemerintah desa serta masyarakatnya guna meningkatkan proses percepatan pembangunan, disamping dalam upaya mewujudkan tatanan desa membangun yang secara fisik memiliki sumber daya alam dan sumber daya manusia, kelembagaan dan sarana/prasarana yang memadai menuju desa peradaban.

“Dana yang dialokasikan cukup besar untuk ukuran desa. artinya cukup untuk membangun insfrastruktur seperti jalan, sarana pendidikan, kesehatan dan sarana lainnya. Begitu pula dalam menunjang kegiatan ekonomi masyarakat seperti dana bergulir dan BUMDes. Untuk itu sangat tepat jika program ini dilanjutkan agar masyarakat lebih sejahtera,” ungkap Darmedi.[jul]

Powered by SIPITUNG BlackBerry®

About these ads

2 pemikiran pada “Lajengkeun Kang AHER!, Bangun Jawa Barat

  1. Ping balik: Gubernur Jabar Buka Olimpiade Alquran di Sukabumi |

  2. Ping balik: Dialog Aa Gym bersama Ahmad Heryawan (Aher) |

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s